Wapres KH Ma’ruf Amin vs Dominasi Aktor Non Negara

Senin, 05 Juli 2021 - 11:35 WIB
Soal mafia ekonomi, Ma’ruf Amin (2020) menegaskan bahwa syariah melarang perantara (seperti mafia/broker) yang tidak diperlukan kehadirannya, karena akan menambah biaya transaksi yang akan meningkatkan harga komoditi tersebut. Tentu ketegasan Wapres KH. Ma’ruf Amin tersebut mengusik aktor non negara yang selama ini mendominasi.

Saya rasa, itu adalah alasan yang paling rasional bagi aktor non negara melakukan tekanan terhadap Wapres dengan dalih bahwa KH. Ma’ruf Amin tidak bekerja. Padahal dominasi mereka sedang terancam dengan kinerja Wapres melalui pengembangan ekonomi syariah yang sedang menggeliat.

Ma’ruf Amin (2017b) ulama sebagai agen perubahan sosial berorientasi untuk melakukan perbaikan (islahiyyah) secara terus menerus dalam tatanan sosial ekonomi, khususnya di industri keuangan. Prinsip inilah yang dipegang teguh oleh Wapres KH. Ma’ruf Amin dalam mengembangkan ekonomi syariah, meskipun beliau bekerja dalam kesunyian dan jauh dari pujian serta publisitas.

Namun pasti, bahwa ia akan mampu mewujudkan sila kelima dalam pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada saat yang sama, akan meruntuhkan dominasi aktor non negara dengan merestar sistem ekonomi Indonesia menuju tatanan ekonomi baru.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More