Sinergi Pusat dan Daerah Dibutuhkan untuk Pulihkan Pandemi Corona

Rabu, 17 Maret 2021 - 08:24 WIB
Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Garut di tahun 2020 mengalami penurunan 0.1 poin dari tahun sebelumnya. Angka pengangguran juga meningkat di tahun 2019 sebanyak 8.53 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah penduduk miskin bertambah sekitar 1 persen di tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Di tahun 2019, laju pertumbuhan ekonomi dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) masih menunjukkan pertumbuhan yang positif. Namun demikian, angka pertumbuhan ini diprediksi mengalami penurunan untuk tahun 2020 dikarenakan menurunnya pendapatan sektor pariwisata yang merupakan salah satu sektor penopang ekonomi di Kabupaten Garut," terang Agus.

Strategi kebijakan pemulihan dampak Covid-19 di Kabupaten Garut akan berfokus pada peningkatan kapasitas dan sarana prasarana kesehatan dan beberapa kebijakan pemulihan ekonomi seperti pemberian stimulus bagi UMKM, fasilitasi keringanan pajak daerah, dan bantuan sosial.

"Kami berharap dengan sejalannya kebijakan daerah dengan kebijakan Pemerintah Pusat, penanganan Covid-19 di Indonesia akan segera teratasi dengan baik dan kondisi perekonomian Indonesia akan pulih secepatnya," tukasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More