Bukan Gerindra, Dukungan Terbesar untuk Sandiaga Uno dari Pemilih Partai Ini

Selasa, 29 Desember 2020 - 18:56 WIB
Dukungan terhadap Sandiaga Uno bila ikut bertarung sebagai calon presiden paling besar berasal dari pemilih Partai Nasdem. Foto/ist
JAKARTA - Dinamika politik menuju Pemilihan Presiden (Pilplres) 2024 semakin menghangat. Sejumlah lembaga survei telah mengeluarkan hasil survei nasional untuk memotret peta politik yang bakal terjadi empat tahun mendatang. Terbaru, survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang hasilnya dirilis Selasa (29/12/2020).

Salah satu poin yang terpotret adalah dukungan berdasarkan massa pemilih partai. Dari sejumlah nama kandidat potensial, dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terutama datang dari pendukung PDIP (28%), PKB (27%), PPP (21%), dan NasDem (20%).

(Baca: Survei Capres 2024 SMRC, Bye...bye... Prabowo)

Adapun dukungan terhadap Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto terutama datang dari massa Gerindra, dimana 50% memilih Prabowo.

Dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terutama datang dari massa pendukung PKS 37%, sementara dukungan terhadap Ridwan Kamil terutama datang dari Golkar 21%. Hal yang mengejutkan adalah dukungan terhadap Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno terutama datang dari Nasdem 25%.



Dalam survei tersebut, Ganjar Pranowo menduduki tingkat teratas elektabilitas sebagai kandidat calon presiden (capres) 2024. Ganjar memperoleh dukungan tertinggi dengan 15,7% suara, dengan basis terbesar pendukungnya adalah pemilih PDI Perjuangan.

(Baca: Sekali Lagi, Ganjar Pranowo Capres 2024 dengan Elektabilitas Tertinggi)

"Sebanyak 28 persen pemilih PDI Perjuangan akan memilih Ganjar," ujar Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas pada rilis daring survei nasional SMRC bertajuk "Sentimen Publik Nasional terhadap Kondisi Ekonomi-Politik tahun 2020 dan Prospek 2021" Selasa (29/12/2020).

Berdasarkan survei nasional tersebut, Ganjar Pranowo mendapat dukungan 15,7%. Di bawah Ganjar ada Prabowo Subianto 14,9%, Anies Baswedan 11%, Sandiaga Uno 7,9%, Ridwan Kamil 7,1%, Agus Harimurti Yudhoyono 3,1%, dan Tri Rismaharini 3,1%. Nama-nama lain di bawah 2% dan yang tidak tahu/tidak menjawab sekitar 31,5%.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More