Sejarah, Puan Jadi Ketua DPR 2 Periode

Selasa, 01 Oktober 2024 - 20:39 WIB


Hal itu dikatakannya usai ditetapkan dan disumpah jabatan sebagai Ketua DPR periode 2024-2029 dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang 1 Tahun Sidang 2024-2025. Puan menuturkan bahwa DPR sebagai lembaga negara yang memiliki kekuasaan konstitusional akan menjadi harapan rakyat.

“Oleh karena itu maka DPR RI akan selalu menjadi sorotan seluruh rakyat, baik di dalam sidang-sidang DPR RI, kegiatan anggota di daerah pemilihan, pernyataan-pernyataan yang disampaikan bahkan dalam kegiatan-kegiatan di luar tugas DPR RI,” ujar Puan dalam Rapat Paripurna perdana DPR periode 2024-2029 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Dia juga meminta anggota DPR untuk terus mawas diri dalam menjalankan jabatan sebagai wakil rakyat. “Kita sebagai anggota DPR RI, memiliki kewajiban-kewajiban sebagai wakil rakyat; kita dituntut memiliki rasa kepedulian, empati, simpati, pada permasalahan rakyat; kita dituntut dapat memperjuangkan aspirasi rakyat; kita harus dapat menempatkan diri dengan memperhatikan kepantasan sosial,” imbuhnya.



Lebih lanjut Puan menerangkan, membangun citra DPR yang semakin dipercaya oleh rakyat harus dilakukan melalui kerja bersama seluruh anggota dewan. “Hanya kita sendiri, Anggota DPR RI, yang dapat menjaga kehormatan dan marwah lembaga DPR RI. Marilah kita bangun bersama DPR RI yang semakin dekat dengan rakyat, semakin dipercaya rakyat, dan dapat mensejahterakan rakyat,” ungkap Puan.

"Marilah kita bangun bersama DPR RI yang semakin dekat dengan rakyat, semakin dipercaya rakyat, dan dapat mensejahterakan rakyat," sambung perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Pada kesempatan ini, Puan atas nama seluruh Anggota DPR mengundang partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, media masa, pers, kaum intelektual, akademisi, mahasiswa, LSM, ormas, dan lain sebagainya untuk ikut memberikan masukan, pandangan dan kritik terhadap berbagai kebijakan negara yang akan diambil. "Berikanlah pandangan, saran dan kritik yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Puan.

“Pada masa kepemimpinan kami, InsyaAllah, akan kami gelorakan semangat kerja bersama dalam mewujudkan DPR RI sebagai parlemen yang modern, terbuka, dan aspiratif serta berupaya menjadikan DPR RI sebagai rumah rakyat yang sesungguhnya,” tegas cucu Bung Karno itu.

“Ketika kita, anggota DPR RI, pertama kali masuk ke gedung ini, gedung yang penuh dengan sejarah perjalanan bangsa dan negara; kita merasa bangga. Kita juga merasakan getaran panggilan sejarah kepada kita untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi rakyat,” imbuh Puan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More