Sejarah, Puan Jadi Ketua DPR 2 Periode

Selasa, 01 Oktober 2024 - 20:39 WIB
Anak Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani kembali terpilih sebagai Ketua DPR. Foto/Istimewa
JAKARTA - Anak Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani kembali terpilih sebagai Ketua DPR. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini telah resmi ditetapkan sebagai Pimpinan DPR Periode 2024-2029.

Sedangkan Wakil Ketua DPR Periode 2024-2029 yakni Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, Cucun Ahmad Syamsurijal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Saan Mustopa dari Nasdem, dan Adies Kadir dari Golkar.

Penetapan mereka dilakukan setelah pelantikan anggota DPR dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPR sementara Guntur Sasono dan dihadiri 391 anggota dewan.







Periode 2024-2029 adalah periode kedua bagi Puan sebagai Ketua DPR. Pada periode pertama, 2019-2024 Puan menjadi perempuan pertama menjabat Ketua DPR.

Pada periode pertama, Puan bersama Dasco dari Gerindra, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dari PKB, Rachmat Gobel dari Nasdem, Azis Syamsuddin dari Golkar yang kemudian digantikan Lodewijk F. Paulus.

Puan siap menjadikan DPR sebagai rumah rakyat yang sesungguhnya. Dirinya menegaskan siap mewujudkan DPR sebagai parlemen yang modern, terbuka, dan aspiratif.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More