5 Contoh Sambutan untuk Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Senin, 30 September 2024 - 20:26 WIB
Salam sejahtera bagi semua, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam kebajikan, Rahayu.

Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena pada hari ini, 1 Oktober 2024, kita kembali dipertemukan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Tepat pada hari ini, kita mengenang 59 tahun sejak terjadinya peristiwa yang sangat menyedihkan bagi bangsa kita. Kita akan selalu mengingat jasa 7 perwira bangsa yang gugur, yang dengan penuh keberanian mempertahankan kemurnian Pancasila dari ancaman ideologi lain yang berusaha menggantinya, yaitu komunisme.

Sebagai bangsa Indonesia, kita harus bangga dan bersyukur memiliki Pancasila. Pancasila bukan sekadar dasar negara, tetapi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita.

Nilai-nilai Pancasila mencerminkan jati diri bangsa Indonesia yang beragam, tetapi tetap bersatu. Oleh karena itu, kita semua memiliki tanggung jawab untuk terus mengamalkan Pancasila agar tidak ada yang bisa mengusik ataupun menggantikannya.

Namun, perjuangan belum selesai. Di masa depan, kita akan menghadapi banyak tantangan, terutama di era digital dan kemajuan teknologi. Teknologi dapat memengaruhi cara kita berpikir dan merasa terhadap Pancasila. Oleh karena itu, kita harus semakin memperkuat rasa cinta dan pengamalan terhadap Pancasila, terutama di kalangan generasi muda, agar tercipta generasi Indonesia Emas yang berjiwa Pancasila.

Kita tidak bisa bekerja sendirian. Dibutuhkan kerja sama dan gotong royong dari seluruh rakyat Indonesia agar nilai-nilai Pancasila tetap hidup dan relevan di era modern. Jika kita bersama-sama menjaga dan mengamalkan Pancasila, bangsa kita akan tetap berada di jalan yang benar, dalam bingkai persatuan dan kebhinnekaan.

Hadirin yang saya hormati, mari kita yakini bersama bahwa selama Pancasila tetap menjadi dasar negara, kita akan terus hidup dalam keberagaman dengan damai dan rukun. Semoga Pancasila selalu menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari kita.

Demikian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat. Mohon maaf jika ada kekurangan.

Terima kasih, wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More