Profil Letjen Yunus Yosfiah, Jenderal Kopassus yang Disegani Prabowo Subianto

Minggu, 25 Agustus 2024 - 06:50 WIB
Yunus Yosfiah dipercaya menjadi Menteri Penerangan oleh Presiden BJ Habibie ketika era Reformasi bergulir. Meski bertugas hanya setahun, tapi jebolan pendidikan militer Sesko TNI itu melakukan terobosan penting bagi pers. Ia menerapkan kebijakan pelonggaran surat izin usaha penerbitan pers (SIUPP) yang bisa terbit hanya dalam waktu tiga hari.

Di masa kepemimpinannya, jumlah penerbitan pers bahkan mencapai lebih dari 1.200 perusahaan, hanya dalam tempo enam bulan setelah pelonggaran kebijakan SIUPP ia terapkan. Atas jasa dan kebijakannya tersebut, Yunus Yosfiah mendapat Anugerah Dewan Pers 2023 sebagai pemenang kategori Tokoh Masyarakat pendukung kemerdekaan pers.

Setelah pensiun dari TNI pada 1999, Yunus Yosfiah bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal PPP sejak 2003 hingga 2007. Ia pernah menjadi anggota DPR periode 2004–2009 dari Fraksi PPP dari dapil Sulawesi Selatan II dan duduk di Komisi XI.

Pada 2015, Yunus Yosfiah bergabung dengan Partai Gerindra, bentukan Prabowo Subianto. Ia didaulat sebagai Anggota Dewan Pembinan bersama Jenderal (Purn) Djoko Santoso.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More