Lukman Edy Jadi Sorotan di Tengah Konflik PKB-PBNU, Pernah Gantikan Gus Ipul Jadi Menteri Era SBY

Selasa, 06 Agustus 2024 - 18:26 WIB
Menurut Lukman Edy, pernyataannya beberapa waktu lalu demi membangun PKB ke depan. "Itu kan lembaga demokrasi. Seharusnya kritikan itu dibalas dengan fakta-fakta, tapi kan enggak sanggup untuk mengungkapkan fakta," ujarnya.

Profil Lukman Edy



Lukman Edy (LE) lahir di Teluk Pinang, Indragiri Hilir, Riau, pada 26 November 1970. LE menyelesaikan pendidikan dasar hingga atas di Pekanbaru, Riau. Selanjutnya, dia meraih gelar sarjana strata satu (S1) dari Universitas Brawijaya, Malang. Setelah itu, Master of Public Administration (S2) dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Sebelum menjadi politikus di tingkat nasional, LE yang berlatar belakang pengusaha ini juga pernah menjadi anggota DPRD Riau. LE kemudian menjadi Sekjen PKB periode 2005-2010.

LE dilantik menjadi Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Kabinet Indonesia Bersatu, menggantikan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Pelantikan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Mei 2007. LE pun tercatat sebagai menteri termuda di era kabinet SBY-Jusuf Kalla (JK), yakni 37 tahun.

Setelah tak menjadi menteri, LE menjadi anggota DPR RI dari PKB. Pada Pilkada 2028, LE menjadi calon gubernur Riau, berpasangan dengan Hardianto. Namun, LE dan pasangannya gagal menang. Pemenang Pilkada Riau 2018 adalah pasangan Syamsuar dan Edy Nasution.
(zik)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More