Ketua DPR RI Era Reformasi: Terbanyak dari Golkar, Puan Maharani Satu-satunya Perempuan

Rabu, 31 Juli 2024 - 13:17 WIB
Bamsoet, sapaan akrabnya, dilantik menjadi Ketua DPR menggantikan Setya Novanto. Pelantikan Bamsoet dilakukan dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Agus Hermanto pada Senin (15/1/2018). Kala itu, Agus membacakan langsung surat keputusan pemberhentian Setya Novanto sebagai Ketua DPR dan surat masuk dari DPP Partai Golkar yang resmi mengajukan nama Bamsoet sebagai pengganti Setya Novanto.

8. Puan Maharani

Puan Maharani lahir di Jakarta, 6 September 1973. Puan merupakan putri dari Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.



Puan merupakan Ketua DPR Periode 2019-2024. Pada Pemilu 2019, Puan meraih 404.034 suara. Puan yang merupakan mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu pun diberi mandat oleh PDIP menjadi Ketua DPR, kemudian dilantik pada 1 Oktober 2019.

Seusai pelantikan, Puan mengatakan bahwa dirinya bersama empat pimpinan DPR lainnya memiliki komitmen bersama untuk menggelorakan semangat gotong royong dalam mewujudkan DPR sebagai parlemen yang modern, terbuka, dan aspiratif serta berupaya menjadikan DPR sebagai rumah rakyat yang sesungguhnya.

Puan berpeluang kembali menjadi Ketua DPR RI periode mendatang karena partainya, PDIP, menjadi pemenang Pemilu 2024. Adapun penetapan perolehan kursi DPR-DPD akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (31/7/2024) siang ini.
(zik)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More