Mantan Kapolda Jawa Barat yang Raih Puncak Karier hingga Komjen Pol, Nomor 9 Nyaris Tewas Ditembak Teroris di Poso

Rabu, 31 Juli 2024 - 06:44 WIB
Lulusan Sespimpol ini kemudan dimutasi menjadi Kapolda Jawa Barat selama setahun pada 2000-2001. Sjachroedin yang juga lulusan pendidikan Sesko ABRI Angkatan VIII kemudian diangkat menjadi Deputi Kapolri Bidang Operasi.

Selain di institusi Polri, lulusan Lemhamas KSA VII ini juga pernah menduduki jabatan sipil seperti Gubernur Lampung selama dua periode yakni 2003-2008 dan 2009-2014. Termasuk pernah menjadi Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kroasia pada 2017-2021.



2. Komjen Pol (Purn) Susno Duadji

Pria kelahiran Pagar Alam, Sumatera Selatan (Sumsel) pada 1 Juli 1954 ini juga tercatat sebagai Perwira Tinggi (Pati) yang mengakhiri masa tugasnya di Polri dengan pangkat terakhir Komjen Pol.

Selama mengabdi di Korps Bhayangkara, lulusan Akpol 1977 yang berpengalaman di bidang Reserse ini banyak menduduki jabatan penting di institusi Polri. Dia mengawali kariernya sebagai Pama Polres Wonogiri. Kemudian Kabag Serse Polwil Banyumas, Wakapolres Pemalang, Wakapolresta Yogyakarta, dan Kapolres Maluku Utara.

Susno juga pernah ditugaskan sebagai Hubinter Sdeops Polri (Penugasan di Bosnia), kemudian dimuasi menjadi Kapolres Madiun, selanjutnya Kapolres Malang, Wakapolwitabes Surabaya, Wakasubdit Gaptid Dit Sabhara Polri dan Kabid Kordilum Babinkum.

Kariernya terus meningkat, Susno kemudian diangkat menjadi Kabid Rabkum Div Binkum Polri, Pati Yanma Polri (Wakil Kepala PPATK) dan Kapolda Jawa Barat pada 2008. Tak sampai setahun menjabat sebagai orang nomor satu di Polda Jabar, kariernya semakin moncer.

Susno kemudian mendapat promosi jabatan menjadi Kabareskrim Polri selam setahun pada 2008-2009. Perseteruannya dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga memunculkan istilah Cicak Vs Buaya membuatnya dimutasi menjadi Pati Mabes Polri (Non Job), kemudian Penasehat Koorsahli Kapolri hingga purna tugas.

Meski sudah pensiun, Susno Duadji kerap diminta pendapatnya terkait kasus yang ramai menjadi perbincangan publik seperti, kasus pembunuhan oleh Irjen Pol Ferdy Sambo, kasus dugaan korupsi Tol Mohammed Bin Zayed (MBZ) dan kasus dugaan pembunuhan Ekky dan Vina Cirebon.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More