Airlangga Sebut Kebaya Simbol Ekonomi Kerakyatan

Selasa, 23 Juli 2024 - 22:03 WIB
Giwo menambahkan peringatan Hari Kebaya Nasional diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun ini, seiring dengan terbitnya Kepres 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. Pelaksanaan Hari Kebaya Nasional mengusung tema “Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya”.

"HKN sendiri bertujuan memperkenalkan dan menggaungkan kembali kebaya sebagai bagian dan sejarah perjuangan para perempuan Indonesia, meningkatkan wujud cinta, bangga pada identitas bangsa dan Tanah Air," kata Giwo.

Selain itu juga bertujuan melestarikan warisan budaya dengan menjadikan kebaya sebagai salah satu wadah kreativitas tanpa menghilangkan nilai pakem dari kebaya, serta menjadikan kebaya sebagai busana wanita yang dipakai dalam berbagai acara.

Giwo juga menjelaskan melalui kebaya juga dapat meningkatkan upaya pemberdayaan perempuan serta pertumbuhan ekonomi bangsa. Hal itu dikarenakan melalui penyelenggaraan Hari Kebaya Nasional, sejumlah UMKM mengaku sudah merasakan kenaikan penjualan produk kebaya dan aksesoris pendukungnya.

"Melalui kebaya, perempuan Indonesia dapat naik kelas dan semakin maju," imbuh Giwo lagi.

Pada puncak peringatan HKN juga akan ditampilkan delapan kebaya legendaris koleksi Ibu Tien Soeharto beserta kainnya. Pelaksanaan HKN tersebut juga akan dihadiri sejumlah pejabat dan dimeriahkan lebih dari perempuan Indonesia dari berbagai profesi.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More