Dibuka Ketua Dekranasda Jateng, Kontak Bisnis dan Pameran Catatkan Kerja Sama Rp23,21 Miliar

Sabtu, 20 Juli 2024 - 21:47 WIB
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Eddy S Bramiyanto mengungkapkan, pihaknya mendorong dan mengawal para UMKM dengan intens dalam melakukan penawaran dan penjajakan kerja sama dengan buyer potensial.

Pada hari itu pun telah terjalin kesepakatan perjanjian kerja sama B to B, antara tiga UMKM dengan enam buyer dari Austria, USA, Prancis, New South Wiles Australia, Surabaya, dan Bali dengan total nilai mata uang rupiah setara Rp23,21 miliar untuk perjanjian selama satu tahun produk furniture, home decor, food and bavarage, serta alat musik.

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing Herbert Hot Ojahan Siagian mengapresiasi upaya yang dilakukan pemprov dan Dekranasda Jateng dalam mendorong UMKM agar memperluas penujualan ke pasar ekspor.

Kendati begitu, dia berpesan agar pelaku UMKM mengoptimalkan potensi lokal dan tidak lagi menggunakan menggunakan bahan impor sebagai bahan baku. Siagian juga mendorong kemitraan antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga, komunitas, BUMN, dan lainnya, harus terus ditingkatkan.

"Kolaborasi harus dilakukan," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Bali yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Ekadina menyambut baik kontak bisnis dan pameran yang diselenggarakan di wilayahnya. Kegiatan itu merupakan langkah strategis untuk mempererat hubungan kerja sama antara Bali dan Jawa Tengah, baik memperluas jaringan pasar, berbagi pengetahuan dan teknologi, hingga memperkuat daya saing UMKM.

Dalam kesempatan itu juga dibagikan sertifikat kompetensi ekspor kepada Batik Widayati (Solo), King Kaft (Kota Semarang), Surya Jaya Furnindo (Kota Semarang), dan Batik Soul Guitar (Sukoharjo).
(skr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More