Pengalaman Ketakutan Akan Ketertinggalan Momen bagi Gen-Z

Senin, 01 Juli 2024 - 12:28 WIB
Budaya Korea merujuk pada kepopuleran budaya Korea di kancah internasional. Bentuk-bentuk budaya Korea dapat mencakup film, drama, musik pop, animasi, games, dan lain-lain (Rahmatina, 2018). Merebaknya Korean Wave ini menarik banyak sekali atensi dunia, sehingga memunculkan berbagai komunitas penggemar (autobase) dari bermacam negara, khususnya Indonesia.

Korean Pop (K-Pop) sangat erat kaitannya dengan Korean wave, dapat dikatakan K-Pop merupakan salah satu faktor yang menjadi penggagas adanya Korean Wave di belahan dunia, termasuk Indonesia, karena seiring menjamurnya media sosial, penggunaan media sosial menjadi kian tak terelakkan di kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut mengakibatkan adanya pengalaman Fear of Missing Out yang dialami oleh Gen Z yang menjadi penggemar Boygroup Seventeen atau Carats. Salah satu bentuk FoMO itu seperti menggilanya untuk membeli merchandise, menonton dan melakukan pembelian konten digital, mengikuti event yang berhubungan dengan Seventeen seperti konser atau event penggemar, dan mengikuti kebiasaan idola.

Hal tersebut erat kaitannya dengan konsep psikologi komunikasi yaitu berawal dari komunikasi intrapersonal dimana ada persepsi untuk memenuhi relatedness agar tetap terhubung dengan individu atau kelompok lain. Untuk memenuhinya maka kemudian seseorang akan bergabung dengan individu atau kelompok lain yang memiliki minat yang sama yang mana di sini komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok memiliki peranan penting (Zahwa & Ayuningtyas, 2024).
(rca)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More