Mahfud MD Ingatkan Pentingnya Islam Wasathiyah

Senin, 17 Agustus 2020 - 20:59 WIB
Sebagai catatan, Gus Mus menambahkan pemahaman jihad yang kurang dalam buku ini. Perlu ditambah pemahaman jihad melawan kebodohan. Sebab, sekarang ini, selain korupsi dan pandemi, yang paling harus dilakukan adalah jihad melawan kebodohan untuk menghilangkan kebodohan dan yang tak mau belajar yang tengah menyeruak sekarang ini.

"Banyak yang enggak mengerti tentang agama, bicara soal agama. Ini amat gawat. Padahal ini soal ruh. Bikin celaka banyak orang. Ini harus diluruskan, salah satunya dengan buku ini," ujar Gus Mus.

Ketua Umum Himpunan Alumni Ponpes Lirboyo KH A Kafabihi Mahrus mengatakan, buku ini disusun oleh Lajnah Lembaga Bahtsul Masail Alumni Ponpes Lirboyo, Jawa Timur.

"Kami bangga dan bersyukur terbitnya fikih kebangsaan III ini. Agama dan pemerintahan harus beriringan. Posisi agama sebagai pondasi, ulama sebagai penjaga dari paham yang tidak baik. Pemerintah menjaga negara melanjutkan keberadaan NKRI. Kuseksesan sebuah bangsa tidak lepas dari para pendahulu, salah satunya ulama dan masayikh," tuturnya.

Lirboyo, lanjut Kiai Kafabihi, terpanggil untuk ikut mengurusi masalah kebangsaan yang kini mendapat ancaman.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(dam)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More