Arti dan Makna 5 Lambang Pancasila Beserta Fungsinya

Selasa, 21 November 2023 - 17:25 WIB
Selain itu, simbol bintang emas ini mengandung makna bahwa Indonesia sebagai bangsa yang religius. Artinya, setiap warga negara Indonesia menjunjung tinggi nilai ketakwaan kepada Tuhan Yang Mahasa Esa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

2. Rantai Emas



Selanjutnya adalah rantai, yang menjadi lambang Pancasila pada sila kedua yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Rantai berwarna emas pada sila kedua terdiri atas mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran. Keterkaitan itu memiliki makna bahwa bangsa Indonesia saling terkait erat, saling bahu membahu, dan saling membutuhkan satu sama lain.



Selain itu, rantai yang saling menguntai juga memiliki bentuk yang berbeda yakni lingkaran dan persegi. Rantai yang berbentuk persegi menggambarkan pria, sementara rantai yang berbentuk lingkaran menggambarkan wanita.

3. Pohon Beringin



Kemudian adalah lambang pohon beringin yang menggambarkan sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

Pohon beringin merupakan pohon yang besar dan bisa dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai tempat untuk berteduh di bawahnya.

Hal tersebut dikorelasikan sebagai negara Indonesia, di mana semua masyarakat Indonesia saling bersatu dan “berteduh” di bawah naungan negara Indonesia yang bersatu dan berdaulat.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More