Arti dan Makna 5 Lambang Pancasila Beserta Fungsinya

Selasa, 21 November 2023 - 17:25 WIB
Selain itu, pohon beringin juga memiliki sulur dan akar yang menjalar ke segala arah. Hal ini memiliki makna keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Negara Indonesia.

4. Kepala Banteng



Selanjutnya adalah lambang kepala banteng pada sila keempat yang berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Kepala banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah yang sangat melekat dengan budaya masyarakat Indonesia. Setiap orang dapat berdiskusi untuk melahirkan keputusan yang dapat bermanfaat bagi kemaslahatan rakyat.

5. Padi dan Kapas



Terakhir adalah lambang padi dan kapas pada sila kelima yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Sejatinya, simbol padi dan kapas melambangkan pandang dan sandang yang menyiratkan makna bahwa syarat utama negara yang adil adalah bisa mencapai kemakmuran untuk rakyat secara merata.

Fungsi Pancasila



1. Membangun dan meneguhkan keyakinan akan adanya Tuhan yang Maha Esa serta mengajarkan keberagaman agama dan percaya kepada Tuhan sesuai dengan agama masing-masing individu, sementara tetap menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

2. Menciptakan masyarakat yang adil dan beradab, di mana setiap individu dihormati dan diberikan kesempatan yang sama dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Serta mengedepankan martabat manusia, keadilan, serta menghargai perbedaan dan keberagaman.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More