6 Fungsi Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Beserta Penjelasannya

Senin, 13 November 2023 - 13:01 WIB
loading...
6 Fungsi Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Beserta Penjelasannya
Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia berarti mencerminkan ciri khas dan jati diri bangsa Indonesia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pancasila merupakan ideologi dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila. Kelima sila dalam Pancasila menjadi pedoman dalam pengambilan keputusan bagi pemimpin bangsa.

Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia berarti mencerminkan ciri khas dan jati diri bangsa Indonesia yang berbeda dengan bangsa lain. Pancasila menunjukkan nilai-nilai yang menjadi dasar dan tujuan bangsa Indonesia dalam berdiri sebagai negara merdeka dan berdaulat.

Berikut adalah enam fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa.

Fungsi Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa


1. Menjadi Jiwa Bangsa Indonesia


Fungsi ini berarti Pancasila merupakan sumber inspirasi dan motivasi bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan zaman. Pancasila juga menjadi landasan moral dan etika bagi bangsa Indonesia dalam berinteraksi dengan bangsa lain.


2. Pancasila Menjadi Sumber dari Segala Hukum


Pancasila sebagai sumber dari segala hukum berarti Pancasila menjadi acuan utama dalam pembentukan dan pelaksanaan hukum di Indonesia. Pancasila juga menjadi dasar bagi pengakuan dan perlindungan hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan sosial di Indonesia.

3. Pancasila Merupakan Hasil Perjanjian Leluhur


Fungsi ini berarti Pancasila merupakan hasil kesepakatan dan komitmen bersama bangsa Indonesia yang beraneka ragam suku, agama, budaya, dan adat istiadat. Pancasila menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dipertahankan.


4. Menjadi Cita-cita dan Tujuan Bangsa


Pancasila menjadi cita-cita dan tujuan bangsa artinya Pancasila menggambarkan harapan dan aspirasi bangsa Indonesia dalam mencapai kesejahteraan, kemakmuran, keadilan, dan kedamaian. Pancasila juga menjadi pedoman dan arah bagi bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan dan kemajuan nasional.

5. Pancasila Menjadi Asas dari Segala Asas


Fungsi ini berarti Pancasila menjadi prinsip dasar yang mengatur dan mengikat seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Pancasila juga menjadi dasar bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya di Indonesia.

6. Pancasila Menjadi Moral dalam Pembangunan


Fungsi Pancasila sebagai moral dalam pembangunan berarti Pancasila menjadi sumber nilai dan norma yang mengatur dan mengawasi proses pembangunan di Indonesia. Pancasila juga menjadi ukuran dan kriteria bagi keberhasilan dan kegagalan pembangunan di Indonesia.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)