Kembalikan Marwah Gelar Honoris Causa

Sabtu, 08 April 2023 - 23:20 WIB
Pola uji publik dari masyarakat sebagai bagianfit and proper testjuga patut dilakukan. Tentu, hasil ini tak bersifat final, karena kental aspek subjektivitas. Namun, setidaknya menjadi pertimbangan bagi sivitas akademika tertentu untuk membuat keputusan yang lebih komprehensif.

Yang tak kalah penting adalah penyadaran kepada publik, terutama kepada politisi atau pejabat untuk tidak haus apalagi gila gelar kehormatan. Sudah seharusnya segala bentuk kehormatan itu adalah hakikatnya apresiasi dan rekognisi dari pihak luar, bukan justru berupaya dicari bahkan dibelisehingga sangat tak elok jika ada orang yang begitu bernafsu memiliki gelar kehormatan akademik dengan jalan pintas demi tujuan tertentu.

Kita patut mengacungi jempol kepada sejumlah tokoh, baik dalam negeri atau luar negeri, yang begitu rendah hati enggan diberi gelar kehormatan akademik.

Presiden Joko Widodo misalnya yang tercatat lebih 20 kali ditawari gelar prestisius itu dan tetap menolak halus karena merasa belum pantas menerimanya.Tanpa menafikan penerima yang lain, gelar kehormatan akademik memang begitu agung dan memiliki marwah tinggi. Sudah seharusnya marwah itu dijaga, bukan lantas menggadaikannya dengan kepentingan sempit.
(ynt)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More