Dukung Pencegahan Stunting, Danone Serukan Aksi Gizi Generasi Maju di Lombok Barat

Kamis, 09 Februari 2023 - 21:38 WIB
Salah satunya melalui edukasi yang dapat berperan sebagai kunci untuk mengubah perilaku masyarakat dalam upaya pencegahan stunting serta kebersihan lingkungan bagi masyarakat di NTB, serta program Lombok PET yang merupakan implementasi dalam komitmen #BijakBerplastik di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP).”

Dukungan dan kolaborasi semua pihak penting terus diperkuat sebagai upaya untuk penanganan dan pencegahan stunting dan kebersihan lingkungan, terutama di wilayah Indonesia bagian Timur yang masih perlu mendapatkan dukungan dan perhatian semua pihak. "Untuk itu, secara berkelanjutan Danone Indonesia terus berkontribusi pada upaya pencegahan stunting telah diimplementasikan di beberapa provinsi di Indonesia bagian Timur, diantaranya juga dilakukan di NTB," katanya.

Inisiatif tersebut antara lain GASING NEKMESE (Generasi Bebas Stunting melalui Nutrisi Edukasi Keluarga Menuju Sehat) di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bertujuan untuk pencegahan stunting dengan menargetkan pada peningkatan kesehatan dan kapasitas masyarakat dengan pendekatan edukasi nutrisi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kemudian, Warung Anak Sehat (WAS) di Ambon, Maluku, yang bertujuan untuk mengurangi angka malnutrisi pada anak-anak usia 5-12 tahun dan mengedukasi anak-anak dan para guru di sekolah melalui penyediaan jajanan sehat dan bergizi pada anak. Lalu, Recycle Business Unit di Labuan Bajo, NTT, dan Lombok PET sebagai fasilitas daur ulang yang menjalankan pengumpulan dan daur ulang botol plastik bekas.



Selain itu, Program Isi Piringku di sekitar TPA Kebon Kongok, Lombok Barat, NTB yang bertujuan untuk membantu para orang tua dan guru membiasakan konsumsi makanan dengan gizi seimbang di rumah maupun sekolah; serta bantuan korban gempa Lombok, NTB pada tahun 2018 berupa fasilitas dan akses air bersih.

"Upaya pencegahan stunting sejalan dengan visi keberlanjutan Danone Indonesia untuk membawa kesehatan melalui produk nutrisi, hidrasi, hingga program berkelanjutan ke sebanyak mungkin masyarakat Indonesia, termasuk di Lombok, Nusa Tenggara Barat."

Karyanto memastikan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan keahlian yang dimiliki untuk mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan stunting. Pihaknya meyakini bahwa edukasi gizi serta perilaku hidup bersih dan sehat yang diiringi dengan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan, termasuk mengentaskan permasalahan sampah plastik sangat penting dalam mempersiapkan anak-anak Indonesia untuk tumbuh maksimal menjadi generasi maju.

"Seperti upaya yang telah dilakukan di Lombok melalui kegiatan Aksi Gizi Generasi Maju dimana kami mengadakan edukasi gizi kepada lebih dari 150 masyarakat yang berada di sekitar TPA Kebon Kongok, Lombok Barat, NTB."

Selain itu, diadakan juga lomba mewarnai PAUD dan lomba menghias ketupat dengan kaidah Isi Piringku yang merupakan upaya Danane untuk memperkenalkan gizi seimbang yang kaya protein hewani kepada ibu dan anak-anak di sana melalui kegiatan yang menyenangkan. "Ke depannya Danone Indonesia akan terus melakukan berbagai inisiatif dan kolaborasi yang berkelanjutan guna mendukung pemerintah mewujudkan Generasi Emas 2045," pungkasnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More