Dukung Pencegahan Stunting, Danone Serukan Aksi Gizi Generasi Maju di Lombok Barat

Kamis, 09 Februari 2023 - 21:38 WIB
Provinsi NTB masih memiliki tantangan dalam menurunkan angka prevalensi stunting. NTB masuk dalam 12 provinsi yang menjadi prioritas percepatan penurunan stunting serta 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang ramah lingkungan dan bebas sampah. Untuk itu, berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah, baik di level pusat maupun daerah untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan dan lingkungan dalam upaya penanganan stunting di NTB.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah mengatakan menyadari masih terdapat tantangan yang dihadapi NTB dalam upaya untuk menurunkan prevalensi kasus stunting. Salah satunya dengan terus meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pola hidup sehat, khususnya mereka yang berada di daerah pedesaan.

Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan Pemprov untuk menekan angka stunting di NTB. Di antaranya pencapaian yang telah ditunjukkan oleh Kabupaten Lombok Barat, yang telah bisa melakukan Deklarasi Tuntas 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), meliputi stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga. "Hal tersebut dapat tercapai berkat peran aktif Posyandu.”

Menurutnya, penanganan stunting merupakan pekerjaan berat yang perlu dukungan dan kolaborasi semua pihak, bukan hanya pemerintah dari tingkat desa, kabupaten kota hingga provinsi, namun juga pihak swasta dan masyarakat. Dengan bergotong royong maka semua bisa dihadapi bersama untuk mengatasi tantangan penanganan dan pencegahan stunting di NTB.

"Kami sangat mengapresiasi berbagai inisiatif dan kontribusi yang telah dilakukan Danone Indonesia untuk pembangunan kesehatan dan lingkungan di NTB, sehingga bisa berdampak positif bagi kesehatan masyarakat dan mendapatkan haknya baik dari segi kesehatan. Hal ini sejalan dengan komitmen Provinsi NTB untuk jadi salah satu provinsi di Indonesia yang layak anak," kata Sitti.
(zik)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More