Soliditas Koalisi Merah Putih Teruji

Kamis, 02 Oktober 2014 - 15:13 WIB
Soliditas Koalisi Merah Putih Teruji
Soliditas Koalisi Merah Putih Teruji
A A A
JAKARTA - Partai yang tergabung di Koalisi Merah Putih (KMP) akan memimpin DPR untuk lima tahun ke depan.

Paket pimpinan DPR yang diajukan KMP plus Partai Demokrat telah disahkan melalui rapat paripurna pemilihan pimpinan DPR, Kamis (2/10/2014) dini hari.

Setya Novanto dari Fraksi Partai Golkar menjadi Ketua DPR. Sementara Wakil Ketua DPR Fadli Zon dari Fraksi Gerindra, Agus Hermanto dari Fraksi Partai Demokrat, Taufik Kurniawan dari Fraksi PAN, dan Fahri Hamzah dari Fraksi PKS.

Anggota Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menilai terpilihnya Setya Novanto dkk menunjukkan soliditas Koalisi Merah Putih.

“Alhamdulillah, keinginan untuk menjadikan DPR sebagai lembaga penyeimbang kekuasaan bisa terwujud dengan konfigurasi pimpinan DPR terpilih ini,” ujar Hidayat, Kamis (2/10/2014).

Dia mengatakan, keberadaan Koalisi Merah Putih di DPR menjadi penting bagi pemerintah.

Sebagai lembaga perwakilan rakyat, kata dia, DPR akan mengkritisi program kebijakan pemerintah.

Hidayat juga tidak setuju bila DPR hanya menjadi lembaga stempel kebijakan-kebijakan yang diinginkan oleh lembaga eksekutif.

“Mudah-mudahan dengan adanya keseimbangan antara eksekutif dan legislatif akan didapatkan kebijakan yang terbaik buat rakyat. Inti keberadaan kedua lembaga untuk kepentingan rakyat seluas-luasnya,” tuturnya.

-Rico Afrido Simanjuntak
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0268 seconds (0.1#10.140)