Politikus Demokrat EE Mangindaan lolos ke DPR

Minggu, 27 April 2014 - 02:38 WIB
Politikus Demokrat EE Mangindaan lolos ke DPR
Politikus Demokrat EE Mangindaan lolos ke DPR
A A A
Sindonews.com – Hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan berbagai lembaga survei pada Pemilu Legislatif (2014) lalu, suara Partai Demokrat turun drastis. Penurunan suara partai berbanding lurus dengan perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) di berbagai daerah pemilihan (dapil), tak terkecuali incumbent.

Caleg Demokrat di Dapil Sulawesi Utara Letjen (Purn) Evert Erenst (EE) Mangindaan tak luput dari penurunan suara yang diperolehnya. EE Mangindaan hanya memperoleh 81.169 suara. Perolehan suara Ketua Harian Dewan Pembina Partai Demokrat tersebut turun 40 persen dibandingkan Pemilu 2009 yang mencapai 130 ribu suara.

Meski mengalami penurunan, purnawirawan yang menjabat Menteri Perhubungan itu dipastikan lolos melaju sebagai Wakil Rakyat di DPR. Partai Demokrat mendapatkan 1 kursi DPR dari Sulawesi Utara setelah pleno KPU Sulawesi Utara menetapkan 6 kursi DPR dari daerah tersebut.

“Kami mengucapkan selamat dan men-support penuh kepada Menteri Perhubungan, Mantan Gubernur Sulut, Mantan Menpan, dan Ketua Harian Dewan Pembina Partai Demokrat, EE Mangindaan yang terpilih sebagai anggota DPR periode 2014-2019,” ungkap Ketua KNPI Jackson Kumaat dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 26 April malam.

Kembalinya EE Mangindaan ke Senayan dari Dapil Sulawesi Utara tersebut, merupakan ketiga kalinya. Diakui Jackson, suara yang diperoleh EE Mangindaan merupakan keberhasilan Partai Demokrat meraih suara dari para pemilih muda di Sulawesi Utara.

Jackson mengklaim meski secara nasional turun, namun di Dapil Sulawesi Utara perolehan suara Partai Demokrat masih bertahan bahkan cenderung naik. “Anak-anak muda dan pecinta bola masih mendukung Demokrat di Sulut,” ujar Ketua PSSI Sulut tersebut.

Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara dalam rapat pleno menetapkan 6 kursi DPR. Mereka yang lolos ke Senayan adalah, Olly Dondokambey dan Vanda Sarundajang (PDIP), EE Mangindaan (Demokrat), Aditya Moha (Golkar), Yasti Supredjo (PAN), dan Wenny Warow (Gerindra).
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9047 seconds (0.1#10.140)