Hanya tiga KPU di Papua lakukan rekapitulasi

Kamis, 24 April 2014 - 22:11 WIB
Hanya tiga KPU di Papua lakukan rekapitulasi
Hanya tiga KPU di Papua lakukan rekapitulasi
A A A
Sindonews.com - Rapat pleno terbuka rekapitulasi surat suara tingkat Provinsi Papua, yang digelar pada hari ini di Hotel Aston Jayapura dimulai hanya dengan tiga KPU. Yakni KPU Kabupaten Yalimo, KPU Kabupaten Mamberamo Raya, dan KPU Kabupaten Tolikara.

Ketua KPU Papua Adam Arisoi mengatakan, hingga sore kemarin baru 12 KPU dari 29 Kabupaten dan Kota di Papua yang telah melakukan rekapitulasi surat suara. Namun, akibat sulitnya transportasi dan cuaca buruk di Papua, hanya tiga Kabupaten saja yang menyerahkan hasil rekapitulasi ke KPU Papua.

Sebanyak 12 Kabupaten itu antara lain KPU Kabupaten Biak Numfort, KPU Kabupaten Supiori, Kabupaten Mambramo Raya, KPU Kabupaten Nabire, KPU Kabupaten Nabire, KPU Kabupaten Pegunungan Bntang, KPU Kabupaten Asmat, KPU Kabupaten Deyai, KPU Kabupaten Puncak Jaya, KPU Kabupaten Tolikara, KPU Kabupaten Boven Digoel dan KPU Kabupaten Yaimo. Sedangkan untuk Pemilu Ulang akan dilakukan di tiga Kabupaten yakni Kabupaten Jayawijaya enam TPS, Kabupaten Mappi empat TPS dan Kabupaten Keeerom sebanyak enam TPS.

"Hari ini kita mulai dengan tiga Kabupaten, kita harapkan dengan dimulainya rapat pleno terbuka ini, akan memotivasi kabupaten-kabupaten dan Kota lainnya untuk segera melakukan rekapitulasi dan segera menyerahkan hasil rekapitulasi perolehan suara kepada kami," ujar Ketua KPU Papua Adam Arisoi, saat ditemui usai pembukaan rapat pleno terbuka tingkat Provinsi Papua, Kamis (24/4/2014).

Menurut Adam Arisoi, pihaknya telah meminta penambahan waktu empat hari ke KPU Pusat, mengingat hari libur Paska beberapa waktu lalu. selain itu, KPU Papua juga telah meminta Panwas dan Polri untuk menjemput kotak suara yang masih ditahan di tingkat PPD.

Rapat pleno tingkat Provinsi Papua, juga dijaga ketat lebih dari 700 personel keamanan dari Polda Papua, pengamanan akan dilakukan hingga satu pekan kedepan. Sementara arus lalu lintas di sekitaran Jalan Percetakan juga dibuka satu arah selama proses rekapitulasi surat suara tingkat Provinsi Papua.

Disinggung terkait rapat Pleno terbuka di KPU Kota Jayapura, yang belum selesai dilakukan proses rekapitulasi. Adam Arisoi mengaku masih akan dilakukan rekapitulasi ulang atas tiga kelurahan di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Masing-masing Kelurahan Argapura, Kelurahan Entrop dan Kelurahan Hamadi. Rekapitulasi ulang di tiga Kelurahan tersebut, menurut Adam Arisoi, terindikasi melakukan pelanggaran administrasi, karena sengaja menghilangkan data.

"Sesuai hasil kesepakatan dengan Panwas, lokasi pleno direncanakan di Hotel Relat, tapi tiga Kelurahan ini malah mengeluarkan kotak suara dan mereka lakukan perhitungan di luar lokasi yang ditetapkan, mereka beralasan kalau di dalam lokasi pleno ada para caleg-caleg. Padahal kan ada Panwas yang mengawasi," tutur Adam Arisoi.

Adam juga meminta KPU Kota Jayapura Pasca pleno nanti untuk melakukan pemecatan terhadap anggota PPS dan PPD di tiga keluarahan tersebut. Sebab para penyelenggara pemilu tingkat bawah itu dinilai tidak memiliki integritas untuk menjadi penyelenggara pemilu tingkat bawah.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5404 seconds (0.1#10.140)