Jokowi effect hanya ilusi

Kamis, 10 April 2014 - 05:31 WIB
Jokowi effect hanya ilusi
Jokowi effect hanya ilusi
A A A
Sindonews.com - Sebuah fenomena politik yang kerap disebut sebagai Jokowi effect, terbantahkan dengan hasil hitung cepat (quick count) Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 sejumlah lembaga survei pada hari ini.

Pasalnya, berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hanya memperoleh kurang dari 20 persen.

Alhasil, perolehan suara PDIP yang disebut-sebut bisa mencapai 27,02 persen karena mengusung Jokowi sebagai capres PDIP, terbantahkan.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN) Umar S Bakry mengaku, dari awal LSN tidak percaya dengan fenomena 'Jokowi effect' tersebut.

"Jokowi effect itu hanya ilusi yang digembar gemborkan oleh pendukungnya Jokowi," kata pengamat politik ini kepada Sindonews saat dihubungi, Rabu 9 April 2014.

Oleh karena itu, kata dia, dengan melihat hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, maka fenomena tersebut tidak terbukti. "Ternyata dengan mencalonkan Jokowi sebagai capres, sama saja ketika PDIP sebelum mencalonkan Jokowi," ucapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7549 seconds (0.1#10.140)