3 TPS di Karanganyar lakukan pencoblosan ulang

Rabu, 09 April 2014 - 22:07 WIB
3 TPS di Karanganyar lakukan pencoblosan ulang
3 TPS di Karanganyar lakukan pencoblosan ulang
A A A
Sindonews.com - Pemungutan suara di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Ngadirejo, Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah, terpaksa diulang. Lantaran terjadi kesalahan teknis tertukarnya kartu suara.

Tertukarnya kartu suara itu diketahui setelah para saksi di TPS protes surat suara untuk memilih Calon Legislatif DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) lain masuk ke Dapil I. Untuk menghindari kericuhan, KPU memutuskan pencoblosan di daerah tersebut diulang.

Kesalahan ini mengakibatkan terganggunya penghitungan suara. Hingga pukul 20.00 WIB, belum ada satupun hasil perolehan suara partai politik dari 17 kecamatan yang masuk ke KPUD Karanganyar.

Anggota KPUD bidang Data Pemilih Budi Suprapto mengatakan, banyaknya TPS di Karanganyar yang mencapai 2006 TPS, membuat lambatnya data yang masuk. Kurangnya SDM di tiap-tiap PPS dan PPK juga menjadi alasan utama keterlambatan itu.

"Kita usahakan tahap awal data rekapitulasi suara secepatnya masuk KPU. Maklum, lambatnya data masuk ke KPU selain jumlah TPS yang mencapai 2006 TPS, juga disebabkan SDM PPS dan PPK yang sudah tua," ujar Budi, di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (9/4/2014).

Saat ditanyakan tidak adanya perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan pihak KPU, dikarenakan tidak adanya tabulasi suara yang dimiliki KPU.

"Jadinya perhitungan dilakukan secara berjenjang. Dari PPS ke PPK, terus dari PPK dikirim ke KPU. Jadi kemungkinan mulai 18 April hingga 22 April seluruh data terkumpul," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9914 seconds (0.1#10.140)