Antisipasi serangan fajar, Bawaslu sebar 'mata-mata'

Selasa, 08 April 2014 - 12:17 WIB
Antisipasi serangan fajar, Bawaslu sebar mata-mata
Antisipasi serangan fajar, Bawaslu sebar 'mata-mata'
A A A
Sindonews.com - Sehari menjelang pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Legislatif, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengaku perangkat pengawasan sudah siap menjalankan tugasnya di lapangan.

Ketua Bawaslu Muhammad Al Hamid mengatakan, tugas paling penting yang harus dilakukan semua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di daerah adalah soal kemungkinan 'serangan fajar' yang dilakukan peserta pemilu. Maka itu, pihaknya mengaku telah mengintruksikan fungsi pengawasan harus ditingkatkan sebelum pemungutan suara dilaksanakan.

"Ini adalah lembaga pengawas yang harus bisa memastikan pemilu berjalan sesuai azas. Mudah-mudahan semuanya bisa diyakini sebagai amanah," ujar Muhammad, saat telekonference bersama Panwaslu seluruh Indonesia, di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (8/4/2014).

Muhammad melanjutkan, sejauh ini belum ada laporan yang masuk terkait peristiwa 'serangan fajar' seperti politik uang untuk mengarahkan pemilih agar memilih calon tertentu.

Namun demikian, kata Muhammad, jika sebelum dan saat pencoblosan ditemukan kasus tersebut, pihaknya mengaku bakal langsung mengambil tindakan tegas. "Ada beberapa yang berhasil kita cegah. Kalau masih bisa dicegah, itu akan efektif," sambungnya.

Seperti diberitakan, Bawaslu melakukan intruksi langsung dengan metode telekonference kepada seluruh Panwaslu di Indonesia agar meningkatkan fungsi pengawasan menjelang pemungutan suara berlangsung. Kegiatan 'arahan' itu dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan curang yang dilakukan peserta pemilu.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5610 seconds (0.1#10.140)