Bonaran akui wakilnya telepon Akil Mochtar

Jum'at, 03 Januari 2014 - 21:54 WIB
Bonaran akui wakilnya telepon Akil Mochtar
Bonaran akui wakilnya telepon Akil Mochtar
A A A
Sindonews.com - Selesai diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hampir 12 jam, Bupati Tapanuli Tengah, Bonaran Situmeang, mengakui bahwa wakilnya, Sukran Jamilan Tanjung, pernah menelepon mantan Ketua Mahkamah Kontitusi (MK) Akil Mochtar.

Bahkan Bonaran memastikan, Sukran menelepon Akil dalam rangka pengurusan Pemilukada Tapanuli Tengah yang tengah bersengketa di MK.

"Yang pernah ketemu dengan Akil itu Sukran Jamilan Tanjung, Wakil Bupati Tapanuli Tengah," kata Bonaran, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/1/2014).

Namun begitu, Bonaran sendiri membantah jika pernah menghubungi apalagi bertemu Akil. Diungkapkan Bonaran, pertemuan antara Sukran dengan Akil Mochtar terjadi pada awal April 2011. "Di Akbar Institute, itu saja," ujarnya.

Dilanjutkan dia, mendengar wakilnya menghubungi Akil, Bonaran berdalih marah kepada Sukran. Sebab, Bonaran percaya sengketa pemilukada di MK bakal dia menangkan.

"Bahwa itu tak boleh dilakukan, perkara yang sudah di depan mata untuk menang, itu bisa buyar, seharusnya kita tahu etika," paparnya.

Selain itu, Bonaran mengaku mendengar tentang percakapan Sukran dengan Akil. Tetapi, saat diperiksa penyidik KPK, ia mengaku tak sempat diberi kesempatan mendengar percakapan tersebut.

Dikonfirmasi apakah wakilnya yang menemui Akil bentuk perintahnya? Mantan pengacara Anggodo Widjojo ini pun membantahnya.

"Saya tak pernah memerintahkan siapapun untuk ketemu Akil. Karena hakim panel saya tak pernah Akil. itu Achmad Sodiki," tambahnya.

Untuk diketahui, Syukron disebut pernah bertemu dengan Akil. Pertemuan dilakukan beberapa waktu sebelum putusan sengketa Pemilu Kada Tapanuli Tengah diputus Mahkamah, yang kala itu diketuai Mahfud MD.

Kasus Akil, KPK periksa Bupati Tapanuli Tengah
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6991 seconds (0.1#10.140)