Operator seluler pintu masuk penyadapan

Rabu, 27 November 2013 - 23:39 WIB
Operator seluler pintu masuk penyadapan
Operator seluler pintu masuk penyadapan
A A A
Sindonews.com - Mantan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI, Mayjen (Purn) Sudrajat menegaskan bahwa beberapa operator seluler yang ada di Indonesia saat ini seharusnya mulai diawasi dengan ketat oleh pemerintah pusat atau Kemenkominfo.

Pasalnya, Sudrajat menduga bahwa operator seluler yang ada di Indonesia saat ini banyak yang ditumpangi oleh negara asing, untuk melakukan penyadapan kepada pejabat-pejabat tinggi di Indonesia, khususnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Penyadapan yang dilakukan melalui operator seluler itu agak susah sebenarnya, kecuali jika Australia atau negara asing lainnya memiliki saham yang cukup besar di operator seluler tersebut," kata Sudrajat dalam diskusinya di rumah Gagasan PAN, Jalan Erlangga, Jakarta Selatan, Ranu (27/11/2013)

Selain itu, Sudrajat juga meyakini selain memiliki saham yang besar, keterlibatan orang asing dalam sebuah perusahaan seluler yang ada di Indonesia pun diduga kuat ikut berpartisipasi dalam penyadapan tersebut.

"Atau ada pegawai disebuah perusahaan seluler yang menyusup untuk melakukan penyadapan," papar Sudrajat.

Sudrajat pun mengatakan bahwa menjamurnya operator seluler yang ada di Indonesia saat ini, kerap membuat pemerintah Indonesia disadap oleh negara-negara asing seperti Amerika Serikat dan Australia.

"Semakin canggih dan banyak sistem komunikasi saat ini, akan semakin rawan disadap," pungkas Sudrajat.

Baca berita:
Soal penyadapan, Menkominfo ingatkan operator tenggat waktu
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5529 seconds (0.1#10.140)