KPK terus telisik keterlibatan Akil di pemilukada lain

Jum'at, 01 November 2013 - 11:18 WIB
KPK terus telisik keterlibatan Akil di pemilukada lain
KPK terus telisik keterlibatan Akil di pemilukada lain
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasaan Korupsi (KPK) terus menelisik sejumlah kasus pemilukada yang ditangani Akil Mochtar saat menjabat sebagai Ketua Mahkamah Kontitusi (MK).

Terutama pemilukada di luar Pulau Jawa, menyusul penggeledahan dan pemeriksaan yang dilakukan KPK di Palembang dan Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

"Memang KPK memperoleh informasi atau laporan yang berkaitan dengan pemilukada daerah lain, yang berkembang ke Pemilukada Palembang dan Empat Lawang. Yang lainnya tentu didalami oleh KPK apakah valid atau enggak. Harus melalui proses telaah," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP, di Jakarta, Jumat (1/11/2013).

Namun begitu, saat dikonfirmasi apakah penelusuran dan hasil telisik penyidik KPK bakal digunakan untuk tahap penyelidikan pengurusan pemilukada? Johan mengatakan, sepanjang informasi yang diperoleh valid maka hal itu bisa dilanjutkan.

"Kalau valid ya bisa dinaikkan ke penyelidikan. Kalau ternyata bahan-bahan itu berkaitan dengan yang sedang disidik. Bisa saja langsung dilakukan penyelidikan lebih lanjut," ujarnya.

Diakui Johan, ada laporan yang telah diterima oleh bagian pengaduan masyarakat, seperti Pemilukada Provinsi Bali. "Yang lainnya saya belum dapat informasi. Nanti saya cek, tapi memang katanya ada informasi (daerah) lain selain itu," imbuhnya.

Baca berita:
KPK bidik Akil di suap 5 sengketa pilkada
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6298 seconds (0.1#10.140)