Pecinta Jokowi laporkan 32 anggota DPRD DKI ke KPK

Selasa, 28 Mei 2013 - 18:04 WIB
Pecinta Jokowi laporkan 32 anggota DPRD DKI ke KPK
Pecinta Jokowi laporkan 32 anggota DPRD DKI ke KPK
A A A
Sindonews.com - Para pendukung Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang terhimpun dalam Grup "Media Sosial Facebook Jokowi Presiden Ku", melaporkan 32 anggota DPRD ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mereka meminta KPK dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengusut asal harta kekayaan yang diduga mencurigakan.

"Kami mendapat informasi, ke-32 anggota dewan itu sebetulnya gerah, karena KPK akan menempatkan petugas di Pemda DKI Jakarta, untuk memastikan transparansi birokrasi, " tegas juru bicara yang juga pemegang akun grup Jokowi Presiden Ku, Yanes Yosua Frans, di KPK, Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Lebih jauh Yanes menjelaskan, dirinya sebagai rakyat mempunyai hak untuk bertanya dan mengetahui asal-usul kekayaan para wakil rakyatnya yang tengah duduk sebagai pejabat publik. Menurutnya, tanpa rakyat tidak mungkin juga ada anggota DPR yang selama ini diklaim sebagai wakil Rakyat.

Bukan menuduh korupsi, kata Yanes, tapi anggota dewan patut diketahui asal-usul kekayaannya, supaya masyrakat juga tahu dan menghindari persepsi buruk.

"Sepintas kami sudah menyelidiki kekayaan ke-32 anggota pengusul pemakzulan Jokowi, umumnya mereka mengendarai mobil mewah. Kami bukan menduga mereka korupsi, tetapi mereka harus menyampaikan kepada publik, dari mana asal-usul uang membeli mobil mewah itu," kata dia.

KPK dan PPATK, lanjut dia, sebaiknya segera menelusuri kekayaan milik 32 orang anggota DPRD itu. Jangan sampai rakyat hanya dijadikan alat untuk memperkaya wakilnya di DPRD. Dia membantah laporan tersebut atas permintaan salah satu pihak, pasalnya murni bentuk dukungan terhadap Jokowi.

"Rakyat hanya sebagai komoditas, sementara mayoritas elite partai sibuk memperkaya diri sendiri,"tukasnya.

Diketahui, 32 nama anggota DPRD DKI Jakarta yang beredar dan diduga paling gencar untuk melakukan interplasi terhadap Jokowi, diantaranya;

1. Aliman Aat, FPD
2. Taufiqurahman, FPD
3. Habib Alaydrus, FPD
4. Abdul Mutholib, FPD
5. Sandy, FPD
6. Neneng hasanah, FPD
7. Siti Sofiah, FPD
8. Mujiyono, FPD
9. Hidayat Ar Yasin, FPAN
10. Moh Asyari, FPAN
11. Agung Haryono, FPD
12. Nawawi, FPD
13. Rukun Santoso, F HPD
14. Lucky, FPD
15. Berlin, FPD
16. Matnoor Tindoor, FPPP
17. Ichwan Zayadi, FPPP
18. Fahmi Zulfikar, F HDS
19. Guntur, F HDS
20. Farel Silalahi, F HDS
21. TS Yance, FPD
22. Abdul Aziz, FPPP
23. Ruddin Akbar Lubis, FPG
24. Hendry Ali, FPD
25. Marie Amadea, FPD
26. Mirna Na'Amin, FPD
27. Dr Suprawito, F HDS
28. Belly Bilalusalam, FPPP
29. Santoso, FPD
30. Hardi, FPD
31. DR Marthin, FPD
32. Maria Hernie, FPD
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8075 seconds (0.1#10.140)