Marzuki tak ingin Timwas Century panggil Anas

Selasa, 26 Februari 2013 - 14:00 WIB
Marzuki tak ingin Timwas Century panggil Anas
Marzuki tak ingin Timwas Century panggil Anas
A A A
Sindonews.com - Tim Pengawas (Timwas) Century berencana akan memanggil mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, yang diduga mengetahui bailout Bank Century sebesar Rp6,7 triliun.

Menanggapai hal tersebut, Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, tidak perlu memanggil Anas. Karena, persoalan Century sudah sesuai rapat paripurna untuk dituntaskan lewat jalur hukum.

"Kaitannya mengawal penegakan hukum. Karena DPR sudah menyerahkan kepada penegakan hukum, itu putusan paripurna," kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan. Selasa (26/2/2013).

Dia mengatakan, pemanggilan mantan koleganya itu tidak akan memecahkan kasus Century. Dia menuturkan, apa yang sudah menjadi keputusan di paripurna seharusnya dihormati semua anggota DPR.

"Untuk apa? Kita kan melaksanakan keputusan paripurna. Kecuali kita melanggar keputusan paripurna. Paripurna keputusan tertinggi di DPR. Jangan disimpangsiurkan," keluhnya.

Maka itu, dia mengatakan, Timwas Century tidak akan melanggar putusan paripurna tersebut. Karena, masalah bailout Bank Century itu sudah diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Jangan menduga-duga. Timwas century bekerja berdasarkan keputusan paripurna mengawal proses penegakan hukum," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Timwas Century DPR Trimedya mengatakan, tidak menutup kemungkinan mengundang Anas Urbaningrum, jika dianggap mengetahui kasus yang merugikan negara sampai Rp6,7 triliun itu.

"Kita lihat aja nanti (memanggil), semua orang-orang yang dianggap mengetahui soal Bank Century boleh saja," katanya.

Menurutnya, hal itu sudah pernah dilakukan oleh Timwas Bank Century, pada saat memanggil mantan Ketua KPK, Antasari Azhar.

"Dulukan Antasari kita undang, karena kita anggap memberikan informasi, kalau Anas dianggap bisa memberikan informasi, kita tidak menutup kemungkinan (diundang)," ucapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6694 seconds (0.1#10.140)