Sejumlah Daerah Lockdown, Politikus Golkar: Jangan Ambil Langkah Sendiri

Jum'at, 27 Maret 2020 - 17:15 WIB
Sejumlah Daerah Lockdown, Politikus Golkar: Jangan Ambil Langkah Sendiri
Sejumlah Daerah Lockdown, Politikus Golkar: Jangan Ambil Langkah Sendiri
A A A
JAKARTA - Sejumlah daerah di Indonesia sudah menerapkan karantina wilayah atau lockdown lokal dalam menyikapi pandemi virus Corona (COVID-19). Beberapa daerah itu di antaranya Tegal, Papua, Maluku, Solo dan Bali.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, yang terpenting adalah koordinasi antar seluruh lini di dalam menghadapi situasi seperti saat ini. Maka itu, kata Doli, sebaiknya seluruh Kepala Daerah mengikuti instruksi dan kebijakan Pemerintah Pusat, terutama dengan Mendagri Tito Karnavian. (Baca juga: Gawat, Korban Corona di Indonesia Tembus 1.046 Orang, 87 Meninggal)

"Jangan mengambil langkah-langkah sendiri, apalagi langkah yang terkesan panik. Kalau pemimpinnya panik, bagaimana nanti rakyatnya," ujar Doli, Jumat (27/3/2020). (Baca juga: Tegal Lockdown, Pengamat Nilai Pemerintah Pusat dan Daerah Mulai Tak Sejalan)

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, yang menentukan bangsa ini bisa mengatasi pandemi virus Corona seperti saat ini, salah satunya adalah bagaimana semua pihak bersatu dengan tingkat kedispilinan yang tinggi dari masyarakat. "Disipilin untuk menjalankan seluruh instruksi pemerintah. Disiplin untuk tetap di rumah, tidak berada di kerumunan, jaga jarak, hidup bersih, dan sehatkan badan," katanya.

Maka itu, kata dia, pemerintah tidak bosan-bosannya memberikan imbauan, ajakan, edukasi serta membangun kesadaran kepada masyarakat. "Termasuk bersikap tegas kepada masyarakat yang masih melawan kebijakan pemerintah, demi kebaikan semuanya," katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5876 seconds (0.1#10.140)