Prioritaskan Pembangunan Sumber Daya Manusia

Minggu, 20 Oktober 2019 - 09:11 WIB
Prioritaskan Pembangunan Sumber Daya Manusia
Prioritaskan Pembangunan Sumber Daya Manusia
A A A
JAKARTA - Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu program prioritas pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin yang resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024 pada Minggu (20/19/2019) siang.

Dalam pidato Visi Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC) pada Minggu (14/7/2019) lalu, Jokowi mengatakan bahwa pembangunan SDM menjadi kunci dalam memajukan Indonesia ke depan.

"Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia kita ke depan. Dan titik dimulainya pembangunan SDM adalah dengan menjamin kesehatan ibu hamil, sejak hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak-anak sekolah kita. Ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia yuang unggul," tutur Jokowi.

Hal itu, menurut Jokowi, harus benar-benar menjadi perhatian bersama ke depan. "Jangan sampai ada stunting, kematian ibu, kematian bayi yang meningkat. Tugas besar kita ada di situ," paparnya.

Di sisi lain, pemerintahan lima tahun ke depan juga akan berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam hal ini, Jokowi juga menekankan pada pentingnya pendidikan kejuruan.

"Vocational training, vocational school, kita bangun lembaga manajemen talenta Indonesia," katanya.

Pemerintah, tambah Jokowi, akan mengidentifikasi dan memfasilitasi serta mendukung pengembangan dan pengamanan bagi talenta-talenta muda. "Diaspora yang bertalenta tinggi akan kita berikan bantuan. Kita siapkan lembaga khusus manajemen talenta. Kita akan mengelola talenda hebat ini agar bisa bersaing," serunya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7687 seconds (0.1#10.140)