Reaksi Habib Sholeh Soal Klarifikasi Dukungan di Pilpres 2019

Selasa, 29 Januari 2019 - 09:34 WIB
Reaksi Habib Sholeh Soal Klarifikasi Dukungan di Pilpres 2019
Reaksi Habib Sholeh Soal Klarifikasi Dukungan di Pilpres 2019
A A A
JAKARTA - Langkah ratusan Habaib yang mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Bondowoso menuai protes dari Ketua Rabitha Bondowoso, Habib Ali Bin Muhammad Al Haddar.

Sebuah pesan beredar via aplikasi pesan whatsapp berisi pernyataan dari Rabithah Alawiyah Cabang Bondowoso. Menanggapi protes ini, inisiator deklarasi dukungan Habib Bondowoso kepada Jokowi-Ma'ruf, Habib Sholeh Almuhdar membenarkan adanya surat tersebut.

Namun Habib Sholeh patut menduga bahwa Habib Ali Al Haddar sudah sebagai pendukung Prabowo. Hal ini didasari foto yang menunjukkan Habib Ali tengah bersama Prabowo yang beredar di masyarakat.

"Memang benar (Rabitha, red) membuat surat seperti itu. Karena mereka sudah tak netral karena ketuanya ke Prabowo," kata Habib Sholeh dalam keterangan persnya, Selasa (29/1/2019).

"Karena mereka tak netral, seharusnya tak bersuara. Tapi ini kebakaran jenggot. Saya duga mereka bikin begitu karena ditekan oleh pihak tertentu," tambahnya.

(Baca juga: Klarifikasi Dukungan Habaib Bondowoso di Pilpres 2019)

Habib Sholeh merasa heran bila Rabitha Alawiyah protes. Sebab deklarasi habaib di Bondowoso kepada Jokowi-Ma'ruf sejak awal juga tak membawa nama Rabitha. "Kita tak bawa-bawa nama Rabitha," tambah Habib yang juga tim Kiai Ma'ruf Amin ini.

Lebih jauh, Habib Sholeh mengatakan, Rabitha Alawiyah Bondowoso juga sebenarnya protes atas deklarasi habaib di Situbondo. Dia duga, saking tertekannya, peristiwa di Situbondo juga diprotes. Padahal itu bukan wilayah kewenangan Rabitha Alawiyah Bondowoso.

"Mereka (Rabitha Alawiyah Bondowoso, red) kan kampanyekan 2019 Ganti Presiden. Kenapa kita tak boleh kampanyekan 2019 Tetap Jokowi?" ujar Habib Sholeh.

"Kenapa deklarasi habaib untuk 2019 Ganti Presiden tak diintervensi? Begitu kita deklarasi ke Jokowi, mereka sakit hati," terang Habib Sholeh.

Sebelumnya diberitakan, Safari Kebangsaan VI yang dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melakukan ziarah kubur ke makam pejuang kemerdekaan Lettu Habib Al Muhdar, Minggu (27/1/2019).

Usai ziarah, dilanjutkan deklarasi dukungan para habib Bondowoso kepada pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin. "Insya Allah, habib di Bondowoso mendukung Jokowi-KH Ma'ruf Amin," kata Habib Husen Bin Muhdar Almuhdar yang diikuti teriakan 'Hidup Jokowi'.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5901 seconds (0.1#10.140)