Pidato HUT PDIP, Megawati Singgung Kader Karbitan

Kamis, 10 Januari 2019 - 15:09 WIB
Pidato HUT PDIP, Megawati Singgung Kader Karbitan
Pidato HUT PDIP, Megawati Singgung Kader Karbitan
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri berkisah mengenai pasang surut partai yang dipimpinnya dalam sejarah pemilu di Indonesia. Kisah tersebut disampaikan Mega sapaan akrabnya saat pidato HUT PDIP ke 46 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Mega menuturkan, pasang surut dialami partainya seperti kekalahannya pada pemilu 2004 dan 2009. "Tetapi meski kalah, partai ini tidak pernah memilih jalan pintas PDIP Perjuangan strategi untuk comot legislator apalagi dari partai lain," ujar Mega.

Menurut Mega, partai yang dipimpinnya tidak berprinsip asal comot politisi demi mendongkrak elektabilitas yang tujuannya tambah kursi DPR, menang pemilu atau lolos perlemen threshold. Namun, partainya terbuka kepada siapa pun asal menjunjung ideologi pancasila.

Presiden kelima RI itu menegaskan, PDIP Perjuangan selalu terbuka bagi siapapun yang siap dan berani ditugaskan sebagai penjaga Pancasila the Guardians of Pancasila. Meskipun terbuka tetapi tidak ingin partai tersebut diisi oleh kader karbitan atau orang yang mendadak kader pada saat pemilu, mengaku kader namun jika tidak direkomendasi atau terpilih meloncat ke partai lain.
Baca Juga: Menitikkan Air Mata, Megawati Kenang Kisah Perjuangan PDIPBaginya, Partai bukan kendaraan lompatan kekuasaan, meski saat ini memang ada pragmatisme politik atau dengan kata lain ada politisi yang maju sebagai legislatif atau eksekutif karena direkomendasikan dari partai. Namun, saat terpilih karena hasrat naik kekuasaan atau motif mengamankan diri lantas dia pindah ke partai lain.

"Beberapa kali peristiwa serupa terjadi di PDIP Perjuangan tetapi kami tidak berkecil hati saat kehilangan politisi pragmatis seperti itu justru saya selalu mengibaratkan nya sebagai seleksi alam ideologi seleksi ideologis akan memilih mana yang kader dan mana yang bukan," pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5936 seconds (0.1#10.140)