Pencawapresan Cak Imin Tergantung Hasil Pilgub Jatim

Minggu, 20 Mei 2018 - 21:25 WIB
Pencawapresan Cak Imin Tergantung Hasil Pilgub Jatim
Pencawapresan Cak Imin Tergantung Hasil Pilgub Jatim
A A A
JAKARTA - Kalangan akademisi mengapresisasi upaya dan gerilya politik Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk menjadi Cawapres pada pilpres 2019. Sebagai Ketua Umum Parpol berbasikan dukungan tradisional keluarga besar Nahdliyin, Cak Imin memang layak untuk berjuang mati-matian menjadi representasi politik berlatarbelakang tokoh NU dalam kontestasi Pilpres 2019.

"Cak Imin memang harus menjaga marwah politik PKB sehingga wajar jika dia (Cak Imin) terkesan ngotot mengejar target untuk menjadi cawapres Jokowi," kata Haryadi dosen Departemen Politik FISIP Universitas Airlangga Surabaya dalam siaran yang tertulis yang diterima SINDOnews pada Minggu (20/5/2018)

Namun, lanjut Haryadi, tidak dipungkiri bahwa masih ada keraguan beberapa pihak yang menyangsikan dukungan NU terhadap Muhaimin Iskandar akan solid karena terjadi polarisasi di dalam tubuh keluarga besar NU sendiri. "Jika dukungan keluarga besar NU kepada pencalonan Cak Imin solid, saya yakin Pak Jokowi akan mempertimbangkan dengan serius untuk menjadikan mantan Ketua Umum PB PMII tersebut menjadi cawapresnya," ujar Haryadi

Salah satu ujian bagi soildnya dukungan PKB dan NU terhadap pencawapresan Cak Imin akan dibuktikan dari hasil akhir kompetisi Pilgub Jawa Timur 2018 ini. Jika Cak Imin berhasil menggerakan dan meraup dukungan maksimal dari keluarga besar NU dan PKB Jawa Timur untuk kemenangan Gus Ipul dan Mbak Puti sebagai pasangan Cagub dan Cawagub yang diusung PKB dan PDIP maka boleh dikatakan Cak Imin memang betul-betul kuat pengaruhnya di kalangan keluarga besar Nahdliyin, mengingat Jawa Timur adalah basis terkuatnya NU dan PKB," ungkapnya.

"Namun jika Cak Imin gagal memenangkan Gus Ipul di Jawa Timur akan membuat dia semakin sulit untuk mengklaim dirinya sebagai representasi politik NU dalam peta tokoh politik nasional saat ini," ucap Haryadi.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6886 seconds (0.1#10.140)