Wiranto Anggap Politik Identitas Bisa Picu Konflik Sosial

Rabu, 07 Maret 2018 - 11:26 WIB
Wiranto Anggap Politik Identitas Bisa Picu Konflik Sosial
Wiranto Anggap Politik Identitas Bisa Picu Konflik Sosial
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta lembaga pemerintahan terkait menggelar rapat koordinasi tim terpadu penanganan konflik sosial tahun 2018 guna mendukung sukses pilkada dan pemilu 2019.

Menurut Wiranto, dalam kontestasi Pilkada dan pemilu tidak ada istilah lawan dan persepsi siapa lawan siapa. "Jadinya sesama teman sendiri konflik. Inilah penyakit kita," ujar Wiranto di Hotel Bidakara, Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Wiranto menganggap, musuh bersama itu berupa ancaman baru multinasional proxy war, narkotika serta bentuk terorisme dan radikalisme.

Terkait penanganan konflik sosial, Wiranto menganggap pemerintah Indonesia telah aktif membantu penanganan konflik seperti yang terjadi di Timur Tengah. Di Afghanistan contohnya, pemerintah memberikan bantuan tersebut, meski konflik di sana masih terus berlangsung.

Menurutnya, Afghanistan yang hanya memiliki 8 suku masih dilanda konflik, sementara Indonesia yang memiliki hampir 1000 suku masih bisa hidup rukun dan berdampingan.

"Ini kekuatan kita. Bukan kelemahan kita. Konflik itu terjadi karena kita sendiri dan politik identitas," pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7511 seconds (0.1#10.140)