Berusaha Selesaikan Tugas Tanpa Peduli Rintangan

Selasa, 07 Maret 2017 - 10:30 WIB
Berusaha Selesaikan Tugas Tanpa Peduli Rintangan
Berusaha Selesaikan Tugas Tanpa Peduli Rintangan
A A A
TAK terasa sudah 10 tahun saya memimpin PT Sharp Electronics Indonesia. Saya mengawali karier di Sharp pada 1981 dengan bergabung pada divisi Appliance Systems Sales Department, International Business Group.

Kemudian pada 1984 ditugaskan ke kantor perwakilan di Arab Saudi. Bertugas selama 4,5 tahun di Timur Tengah membuat saya belajar mengenai karakter dan behaviour konsumen elektronik di luar Jepang. Setelah Arab Saudi, saya ditugaskan untuk memperkuat divisi penjualan di Hong Kong dan Malaysia.

Di Malaysia, saya dipercaya memimpin Sharp-Roxy Sales & Service Company (M) Sdn Bhd sebagai managing director. Kemampuan saya mengelola perusahaan selama tiga tahun mendapatkan pengakuan, yang kemudian membawa saya berlabuh ke PT Sharp Electronics Indonesia pada 2007 hingga saat ini.

Sharp memiliki sejarah sangat panjang di Indonesia. Telah berada di Indonesia sejak 1970 dan mampu menguasai sekitar 25% pangsa pasar elektronik. Wilayah luas dan karakteristik pasar yang sangat unik menjadikan penugasan di Indonesia lebih menantang.

Pengalaman lebih dari 10 tahun di divisi penjualan berbagai negara menjadikan saya mampu memahami karakter dan selera konsumen di Indonesia. Didukung kualitas dan teknologi Jepang, kami meluncurkan beragam produk elektronik dengan membenamkan lokal fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Strategi ini cukup berhasil, konsumen dapat merasakan manfaat dari fitur-fitur yang dikhususkan untuk mengantisipasi beragam masalah yang dihadapi oleh mereka seperti fitur tegangan rendah untuk mengatasi masalah pasokan listrik yang tidak stabil di beberapa daerah di Indonesia, cuci mesin dengan filter khusus untuk menghindari noda kuning pada pakaian akibat masalah air tanah di Indonesia, LED TV dengan suara yang dahsyat sehingga konsumen tidak perlu membeli perangkat pendukung tambahan, serta penjernih udara dengan penangkap nyamuk.

Keberhasilan Sharp Indonesia untuk bertahan selama ini tentu tidak terlepas dari dukungan seluruh karyawan. Saya sangat percaya karyawan merupakan salah satu faktor paling penting untuk mengembangkan merek yang kuat. Tanpa dedikasi karyawan, kami tidak akan mampu bertahan sejauh ini dan meraih banyak prestasi.

Berkat citra merek yang kuat, kami bisa mengumpulkan begitu banyak orang berbakat untuk bekerja di tempat kami. Guna meningkatkan kualitas karyawan, saya menilai mereka berdasarkan usaha dan kinerja yang baik.

Dilatarbelakangi hal tersebut, saya memberikan banyak kesempatan bagi para karyawan untuk mendapatkan berbagai keterampilan dan pengalaman melalui pelatihan kerja dan promosi jenjang karier. Terlahir dan dibesarkan oleh budaya Jepang, saya memiliki filosofi untuk selalu berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan tanpa memedulikan sebesar apa pun rintangan yang dihadapi. Saya akan meraihnya dengan kesabaran.

Tidak mudah memimpin perusahaan dengan jumlah karyawan yang cukup besar dan kantor penjualan serta servis yang tersebar luas di berbagai pulau di seluruh Indonesia. Dengan kesabaran, saya berhasil membawa perusahaan di posisi sekarang. Untuk ASEAN, Sharp Indonesia memberikan kontribusi penjualan sebesar 40% dan menempati posisi pertama.

Posisi nomor empat di dunia dan menempati posisi teratas untuk beberapa kategori produk elektronik di pasar elektronik Indonesia. Tak hanya berorientasi penjualan, Sharp juga memiliki perhatian dan berkontribusi secara aktif pada isu-isu sosial dan lingkungan. Kami banyak melakukan kegiatan pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati seperti konservasi tanaman dengan aksi tanam pohon, konservasi hewan dengan melepaskan bermacam hewan ke habitatnya, pelatihan tanaman organik dan hidroponik bagi masyarakat, pemeriksaan kesehatan gratis, dan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam.

Ke depan tantangannya yakni terus mempertahankan posisi ini dan terus meningkatkan pangsa pasar. Dunia terus berubah, kebutuhan dan selera pasar akan terus berubah. Kami sangat siap dengan segala perubahan, memiliki banyak strategi guna meningkatkan imej, positioning, dan target penjualan. Harapan saya, Sharp akan terus berkembang di Indonesia dan tetap menjadi pilihan pertama konsumen.

Fumihiro Irie
Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7668 seconds (0.1#10.140)