Jokowi Fokus Benahi Ekonomi, Reshuffle Jilid II Masih Jauh

Sabtu, 12 September 2015 - 07:29 WIB
Jokowi Fokus Benahi Ekonomi, Reshuffle Jilid II Masih Jauh
Jokowi Fokus Benahi Ekonomi, Reshuffle Jilid II Masih Jauh
A A A
JAKARTA - Merapatnya Partai Amanat Nasional (PAN) ke barisan partai pendukung Joko Widodo (Jokowi) dinilai tidak serta merta langsung diikuti perombakan atau reshuffle kabinet.

Jokowi dipercaya lebih memilih untuk fokus mengatasi persoalan ekonomi ketimbang melakukan reshuffle Kabinet Kerja jilid II.

"Jokowi sepertinya sedang konsentrasi urusan ekonomi, saya yakin reshuffle tidak akan dilakukan dalam waktu dekat," ujar pengamat politik dari Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf kepada Sindonews, Jumat 11 September 2015.

Menurut dia, saat ini bukan momentum yang tepat bagi Presiden Jokowi untuk melakukan reshuffle kabinet.

"Reshuffle kabinet menimbulkan kegaduhan politik. Sepertinya Jokowi tidak ingin mengambil risiko," tandas Asep.

Menurut dia, ada empat pihak yang menjadikan pertimbangan bagi Jokowi untuk melakukan reshuffle. Pertama, kata dia, Wakil Presiden sebagai partner presiden. Kedua, Staf Khusus Presiden Teten Masduki. Ketiga, pemimpin partai politik pendukung.

"Keempat, pertimbangan dari Jokowi sendiri," katanya.

Wacana reshuffle Kabinet Kerja Jilid II kembali muncul di tengah publik, menyusul bergabungnya PAN ke dalam koalisi partai politik pendukung pemerintah.

Beredar informasi spekulasi yang menyebutkan Jokowi akan memberikan posisi kepada PAN di dalam kabinet.

Isu jatah PAN dalam pemerintahan kembali muncul menyusul setelah pertemuan Ketua Majelis Pertimbangan PAN Soetrisno Bachir dengan Presiden Jokowi pada Kamis 10 September 2015.

Dalam pertemuan itu terungkap, pemerintah berencana membentuk lembaga bernama Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN). Soetrisno masuk dalam lembaga tersebut. (Baca: PAN Merapat Soetrisno Bachir Dapat Posisi)


PILIHAN:


I Want SBY Back, Strategi Demokrat Lihat Respons Publik
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7088 seconds (0.1#10.140)