Tetap Beri Kesempatan Parpol untuk Perbaikan, KPU Mulai Verifikasi Faktual

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 08:02 WIB
loading...
Tetap Beri Kesempatan Parpol untuk Perbaikan, KPU Mulai Verifikasi Faktual
Setelah menyelesaikan tahapan verifikasi administrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) langsung melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yakni verifikasi faktual. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Setelah menyelesaikan tahapan verifikasi administrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) langsung melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yakni verifikasi faktual. Tahapan ini akan dimulai pada hari ini, Jumat (15/10/2022).

"Dimulai tanggal 15 Oktober. Kalau sampai anggota, sampai tanggal 4 November (verifikasi faktual selesai)," kata Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari.

Baca juga: Lolos Administrasi, 9 Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 Bakal Jalani Verifikasi Faktual

Sama seperti tahapan verifikasi administrasi, Hasyim menjelaskan, KPU juga turut memberikan kesempatan kepada partai politik (parpol) yang dalam verifikasi faktual ini dinyatakan belum memenuhi syarat, untuk melakukan proses perbaikan.

"Misalnya ditemukan belum memenuhi syarat, ada masa perbaikan dan diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan yang dinyatakan belum memenuhi syarat, dan disampaikan kepada KPU untuk diverifikasi faktual tahap dua," ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak sembilan parpol yang telah dinyatakan memenuhi syarat dalam verifikasi administrasi calon peserta Pemilu 2024 dan harus menjalani tahapan selanjutnya, yakni tahapan verifikasi faktual.



Kesembilan parpol yang akan menjalani tahapan verfikasi faktual ini di antaranya; Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda).

Berikutnya, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat, dan Partai Buruh.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4716 seconds (0.1#10.140)