Eks Ketua KY Sebut Patrialis dan Akil Mochtar Pengkhianat

Sabtu, 28 Januari 2017 - 13:15 WIB
Eks Ketua KY Sebut Patrialis dan Akil Mochtar Pengkhianat
Eks Ketua KY Sebut Patrialis dan Akil Mochtar Pengkhianat
A A A
JAKARTA - Kasus dugaan suap Hakim Konstitusi Patrialis Akbar dinilai telah memberikan dampak besar bagi Mahkamah Konstitusi (MK). Kasus itu dianggap telah merusak kewibawaan lembaga tersebut.

Wibawa MK dinilai semakin terpuruk setelah sebelumnya tercoreng kasus Akil Mochtar, mantan Ketua MK yang divonis hukuman seumur hidup karena menerima suap perkara sengketa pilkada.

"Apa yang dilakukan Akil dan Patrialis ini saya bilang pengkhianatan tertinggi pejabat publik terhadap Republik," ujar mantan Ketua Komisi Yudisial (KY), Suparman Marzuki saat berbicara dalam diskusi Perspektif Indonesia bertajuk Lagi, Korupsi di Mahkamah Konstitusi di Menteng, Jakarta, Sabtu (28/1/2017).

Suparman menilai perilaku keduanya telah mengkhianati kontitusi, mengkhianati rakyat dan mengkhianati kepercayaan publik. (Baca juga: Patrialis Akbar Ditetapkan Tersangka)

Dia menganggap MK adalah benteng konstitusi yang harus dijaga muruwahnya. Hakim konstitusi dikatakannya tidak sekadar penafsir konstitusi, namun juga penjaga konstitusi itu sendiri.

"Karena itu tindak-tanduk seluruh hakim konstitusi itu harus cerminkan konstitusi itu sendiri," ucapnya. (Baca juga: Ditangkap dan Ditahan KPK, Patrialis: Saya Dizalimi)
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5590 seconds (0.1#10.140)