Jokowi Dinilai Bakal Lobi Prabowo Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Minggu, 23 April 2023 - 20:29 WIB
loading...
Jokowi Dinilai Bakal Lobi Prabowo Jadi Cawapres Ganjar Pranowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dinilai bakal berusaha melobi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk bersedia menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Jokowi terlihat menjadi salah satu tokoh penting di balik langkah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menetapkan Gubernur Jawa Tengah itu sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Jokowi pun dianggap bakal berperan untuk mencarikan cawapres untuk mendampingi Ganjar pada kontestasi politik lima tahunan itu. Salah satu sosok cawapres yang paling potensial untuk ditawarkan oleh Jokowi kepada PDIP dan Ganjar adalah figur Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra.





"Kemungkinan Jokowi yang melobi-lobi bisa menentukan salah satu cawapresnya Ganjar, kelihatannya seperti itu. Selain Megawati, Jokowi mungkin punya cara atau andil untuk bisa melobi Prabowo untuk bisa dijadikan cawapres Ganjar," ujar Pengamat politik Ujang Komarudin kepada wartawan, Minggu (23/4/2023).

Hal itu merupakan dari upaya Jokowi memenangkan Ganjar sebagai sesama kader partai berlambang kepala banteng bermoncong putih tersebut. Ujang membeberkan ada beberapa hal positif jika Ganjar berpasangan dengan Prabowo.



Dia memberikan contoh misalnya akan menjaga kekompakan kubu pemerintah saat ini dan ke depan. Kemudian, pasangan Ganjar-Prabowo dinilai memiliki peluang memperoleh suara besar pada Pilpres 2024 mengingat elektabilitas keduanya dalam sejumlah survei selalu berada di tiga besar.

Kendati demikian, kata Ujang, hasil akhir dari kerja sama politik itu berada di tangan Prabowo. "Kita tunggu jawabannya dari Prabowo ke depan, tentu apakah Prabowo akan mengalkulasi secara matang hitung-hitungan politik soal menjadi capres maju terus pantang mundur atau jadi cawapres Ganjar," imbuhnya.

Dia juga kembali mengingatkan soal potensi kemenangan jika Ganjar berduet dengan Prabowo di Pilpres 2024. Selain keduanya berasal dari partai besar dan memiliki elektabilitas tinggi, ada dukungan dari Jokowi sebagai sosok yang memiliki pengaruh besar.

"Kalau Prabowo mau jadi cawapres Ganjar, potensi menangnya tinggi, artinya ada 4 orang yang kuat, ada Jokowi, Megawati, Prabowo, dan Ganjar,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)