Utamakan Keputusan Bersama, AHY Sepakat Koalisi Perubahan Tak Boleh Saling Memaksakan

Kamis, 12 Januari 2023 - 15:06 WIB
loading...
Utamakan Keputusan Bersama, AHY Sepakat Koalisi Perubahan Tak Boleh Saling Memaksakan
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan pernyataan terkait isu terkini, di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2023). Foto/Carlos Roy Fajarta/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sepakat, dalam menjalin Koalisi Perubahan untuk tidak boleh saling memaksakan kehendak. AHY menegaskan, koalisi ini harus terus mengutamakan konsensus bersama.

Hal tersebut disampaikan AHY terkait rencana deklarasi Koalisi Perubahan yang akan digagas Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS dengan mengusung nama bakal Capres Anies Baswedan. Koalisi Perubahan yang sedang digagas tersebut namun hingga saat ini belum menemukan sosok cawapres.

"Kami setuju tidak boleh dalam ikhtiar membangun koalisi ada yang saling memaksakan kehendak atau memaksakan diri," ujar AHY kepada awak media di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2023).

Baca juga: Demokrat Berharap Koalisi Perubahan Deklarasi Capres-Cawapres pada Februari

AHY kemudian memberikan contoh terkait sikap memaksakan sebuah nama untuk diusung baik sebagai Capres ataupun Cawapres.

"Contohnya memaksakan itu begini, pokoknya wajib si A, itu maksa. Apapun ceritanya atau alasannya yang penting si A. Atau sebaliknya, saya gak perlu tahu alasannya yang penting jangan si A. Sama-sama memaksa. Kami sepakat untuk tidak seperti itu sebenarnya," tutur AHY.

AHY berharap Koalisi Perubahan yang tengah digagas Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS tetap mencari kesepakatan terbaik untuk menghasilkan kemenangan dalam Pemilu 2024.

"Kami ingin bertemu pada konsesus, apa konsesus yang saya maksud tadi adalah kita ingin kalau koalisi ini mendapat restu dari Allah SWT itu benar-benar bisa menghadirkan kemenangan, sebuah poros alternatif, sebuah poros perubahan yang bisa membawa aspirasi dan harapan masyarakat Indonesia," ucap AHY.

AHY berharap, dengan adanya Koalisi Perubahan dapat membuat masyarakat Indonesia memiliki harapan akan pemerintahan yang lebih baik ke depannya.

"Karena kami ingin meyakinkan Indonesia bisa berubah lebih baik tentunya dan melalui koalisi ini mudah-mudahan terbuka jalan itu," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0781 seconds (0.1#10.140)