Isu dan Peluang dalam Kerja Sama antara Indonesia-China

Senin, 09 Januari 2023 - 19:43 WIB
loading...
A A A
Selama ini memang selalu terjadi pasang surut dalam hubungan dengan China, dari era Presiden Soekarno, Soeharto, sampai dengan era Joko Widodo. Sentimen anti China memang masih ada di Indonesia meskipun semakin berkurang, karena saat ini sudah semakin banyak sarjana lulusan China yang turut berpartisipasi dalam pembangunan di Indonesia. Akan tetapi, terlalu terpaku pada satu negara, terutama dalam bidang ekonomi juga bukan sesuatu yang positif untuk sebuah negara yang mempunyai sumber daya alam yang banyak.

Untuk itu, pembangunan sumber daya juga harus digencarkan, kesejahteraan masyarakat juga harus ditingkatkan seiring dengan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Selama pemerintah Indonesia (siapa pun presidennya) lebih condong ke China dalam urusan ekonomi, akan terus ada tekanan politik kepada pemerintah untuk menjaga jarak dengan China, karena alasan dan sebab yang telah ditulis oleh penulis di atas. Masalah ini pada akhirnya akan berdampak buruk pada proyek pembangunan bersama antara China-Indonesia.

Kerja sama dalam kerangka BRI China di Indonesia sangat tergantung pada hubungan baik antara kedua negara. Oleh karena itu, untuk memuluskan kerangka kerja sama dalam BRI dan melanjutkan pembangunan Indonesia yang akhirnya akan menuju ke kesejateraan rakyat Indonesia, isu-isu seperti sentimen dan peningkatan sumber daya manusia harus segera diselesaikan oleh presiden manapun yang akan memimpin Indonesia ke depannya.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)