Profil 3 Menteri dari Partai Nasdem, Bakal Kena Depak Lewat Reshuffle?

Jum'at, 06 Januari 2023 - 19:04 WIB
loading...
A A A
3. Johnny G Plate
Pria kelahiran Ruteng, Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), 10 September 1956 itu saat ini menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Pria bernama lengkap Johnny Gerard Plate ini sebelumnya adalah anggota DPR sejak 2014.

Dia terpilih menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan NTT 1. Kemudian, dia kembali terpilih sebagai anggota DPR dari dapil sama pada Pileg 2019. Sebelum terjun ke dunia politik, dia merupakan seorang pengusaha.

Profil 3 Menteri dari Partai Nasdem, Bakal Kena Depak Lewat Reshuffle?

Foto/Dok SINDOnews



Bisnisnya diawali pada 1980-an di bidang alat-alat perkebunan. Kemudian, lulusan S1 Universitas Katolik Atma Jaya ini bersama koleganya memperluas bisnisnya ke dunia transportasi penerbangan.

Sedangkan karier politik mantan aktivis Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) ini diawali saat bergabung dengan Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI) dan sempat menjabat Ketua Mahkamah PKDI hingga 2013.

Setelah itu, dia pindah ke Partai Nasdem. Dia ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal Partai Nasdem pada 2017 menggantikan Rio Capella yang terseret kasus korupsi kala itu.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)