Kasim, Anak Medan yang Sukses Membuka Restoran di Kanada

Jum'at, 30 Desember 2022 - 14:23 WIB
loading...
A A A
Beberapa bulan berjalan, sang istri, Linda yang juga asal Medan, mengingatkan soal niat pensiun. Tapi Kasim tidak tega menutup restoran karena banyak mahasiswa yang datang. Hingga akhirnya mereka meneruskan dan mengembangkan usaha kuliner tersebut. Restoran pun dipindah ke bangunan yang lebih besar, yang tadinya hanya 70 kursi menjadi 200 kursi. Dari beberapa orang saja pekerja, sekarang menjadi belasan orang dari berbagai bangsa, yakni Indonesia, Kanada, dan India.

Kesuksesan yang diraih pria yang lahir dan besar di kawasan Jalan Sutrisno Medan dan kemudian pindah ke kawasan Pluit Jakarta Utara itu, semakin mendorongnya membantu sesama, khususnya di Indonesia. Setidaknya setiap tahun dua kali dia pulang untuk melakukan kegiatan sosial, terutama membantu orang-orang yang terkena dampak bencana alam. Kasim pun turun langsung menjumpai masyarakat, seperti korban gempa di Jawa Tengah, tsunami Aceh, banjir di Jakarta, hingga tanah longsor di Jawa Barat.

Kasim, Anak Medan yang Sukses Membuka Restoran di Kanada


“Waktu saya pulang beberapa tahun lalu, ada bencana longsor di Ciawi, Jawa Barat. Itu pas Ramadan. Saya bersama beberapa teman langsung berangkat, tetapi akses ke lokasi sulit karena tertutup tanah longsor. Bahkan kendaraan kami terjebak di medan yang sulit. Syukurnya kami ditolong warga hingga bisa sampai ke lokasi bencana bertemu para korban. Kami serahkan bantuan berupa kebutuhan Lebaran,” bebernya.

baca juga: Pekerja Migran Indonesia Dapat Raih Peluang Kerja di Kanada

Bersama komunitas Padmanadi, Kasim juga melakukan kegiatan sosial hingga ke penjuru dunia, di antaranya, Nepal, Myanmar, Filipina, Haiti, Turki. Dia bercerita, kepeduliannya membantu sesama merupakan didikan dari orang tuanya. Bahkan, ketika pindah ke Jakarta pada 1984 dan menekuni profesi sebagai penyanyi klub malam, dia selalu menyisihkan pendapatannya kepada orang yang membutuhkan.

“Waktu umur 17 saya mulai menyanyi di klub malam di beberapa tempat seperti Blue Ocean di Jalan Hayam Wuruk Jakarta, Monaco, Sturdust dan King. Setelah itu saya buka restoran Padmanadi di kawasan Pluit. Sebenarnya restoran itu masih ada setelah saya pindah ke Kanada. Tapi lima tahun lalu saya jual ke seorang teman, karena kesulitan untuk mengelolanya,” urainya.

Pemerintah RI Beri Penghargaan

Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia (RI) Vancouver Kanada, Hendra Halim mengatakan, Pemerintah RI mengapresiasi kontribusi Kasim yang mempromosikan makanan Indonesia berbasis vegan sehingga dikenal dan disukai di Kanada dengan memberikan penghargaan. Selama 20 tahun, Kasim tidak hanya mengenalkan makanan khas Tanah Air, tetapi berbagai informasi tentang Indonesia diberikannya kepada masyarakat terutama pelanggan setianya.

Kasim, Anak Medan yang Sukses Membuka Restoran di Kanada
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)