Kasum TNI yang Miliki Brevet Kopassus, Nomor 2 dan 5 Berkarier Cemerlang Jadi Panglima TNI

Kamis, 29 Desember 2022 - 05:39 WIB
loading...
Kasum TNI yang Miliki Brevet Kopassus, Nomor 2 dan 5 Berkarier Cemerlang Jadi Panglima TNI
Dari banyak nama yang pernah mengisi posisi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, hanya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Jenderal TNI Moeldoko yang menyandang Brevet Kopassus. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI merupakan pejabat yang berfungsi sebagai pimpinan staf di dalam lingkungan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI). Dari banyak nama yang pernah mengisi posisi Kasum TNI, hanya beberapa orang saja yang memiliki Brevet Kopassus .

Pada prosesnya, tidak mudah bagi seorang prajurit untuk meraih brevet milik pasukan elite seperti Korps Baret Merah. Faktanya, mereka harus melalui semua tahapan yang ditentukan agar bisa menyemat brevet tersebut.

Berikut deretan Kasum TNI yang memiliki Brevet Kopassus:

1. Letjen TNI Eko Margiyono

Eko Margiyono merupakan Jenderal Bintang Tiga yang saat ini tengah menjabat sebagai Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia (Kasum TNI). Sepanjang kariernya di dunia militer, dia memiliki beberapa brevet yang memperlihatkan kualifikasinya sebagai seorang Perwira Tinggi.

Dikutip dari tni.mil.id, pria yang lahir pada 12 Mei 1967 ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989 dari Kecabangan Infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Ketika menjabat sebagai Kasum TNI dia sempat digadang-gadang akan mengisi posisi KSAD yang saat itu ditinggalkan Jenderal Andika Perkasa setelah dipercaya menjadi Panglima TNI. Namun pada akhirnya jabatan tersebut diberikan pada Jenderal Dudung.

2. Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto merupakan purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI AU yang kini menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 8 November 1963 ini pernah menempati posisi Panglima TNI, yakni pada periode 8 Desember 2017 hingga 17 November 2021.

Dari sekian banyak tanda penghargaan yang disematnya, salah satu yang cukup menarik adalah Brevet Komando Kopassus. Dikutip dari laman resmi TNI, Hadi Tjahjanto menerima brevet ini sebagai warga kehormatan Kopassus. Penyematan dilakukan oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni di Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, tepatnya pada 18 Desember 2017.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)