6 Panglima Kodam Aktif yang Berasal dari Korps Baret Merah

Senin, 26 Desember 2022 - 17:01 WIB
loading...
6 Panglima Kodam Aktif yang Berasal dari Korps Baret Merah
Terdapat sejumlah Panglima Kodam aktif yang diketahui berasal dari Korps Baret Merah. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Panglima Kodam aktif yang diketahui berasal dari Korps Baret Merah . Korps Baret Merah merupakan sebutan lain dari Komando Pasukan Khusus atau Kopassus , salah satu pasukan elit yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dari sekian banyak prajurit terbaiknya, beberapa di antaranya tercatat berhasil meraih jabatan strategis, seperti Panglima Kodam.

Baca juga : Ini 4 Menteri Pertahanan Indonesia yang Berasal dari Korps Baret Merah

Berikut enam Panglima Kodam aktif yang berasal dari Korps Baret Merah atau Kopassus.

1. Mayjen Mohamad Hasan - Pangdam Iskandar Muda

Mayor Jenderal Mohamad Hasan merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI AD yang kini menduduki jabatan Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda. Dalam riwayatnya, dia adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993 dan berpengalaman dalam bidang Infanteri (Kopassus).

Sebelum menduduki jabatan Pangdam Iskandar Muda, Mohamad Hasan telah banyak menempati berbagai posisi strategis di Korps Baret Merah. Di antaranya adalah Waaspres Danjen Kopassus (2013), Wadan Grup 2/Sandi Yudha Kopassus (2013-2014), Wadanjen Kopassus (2019-2020), hingga Danjen Kopassus (2020-2021).

Sementara itu, dalam dinasnya di luar Kopassus, pria kelahiran 13 Maret 1971 ini pernah menjabat Asrena Paspampres, Dan Grup A Paspampres, hingga Danrem 061/Surya Kencana.

2. Mayjen TNI Untung Budiharto - Pangdam Jaya

Mayjen TNI Untung Budiharto kini berstatus sebagai Panglima Kodam Jaya. Sebelumnya, dia menggantikan Mayjen TNI Mulyo Aji berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/5/1/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)