Ini 4 Menteri Pertahanan Indonesia yang Berasal dari Korps Baret Merah

Rabu, 12 Oktober 2022 - 15:45 WIB
loading...
Ini 4 Menteri Pertahanan Indonesia yang Berasal dari Korps Baret Merah
Prabowo Subianto, salah satu prajurit korps baret merah yang menjadi Menteri Pertahanan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah prajurit Korps Baret Merah atau Kopassus tercatat pernah menempati jabatan Menteri Pertahanan Indonesia.

Dalam sejarahnya, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dikenal sebagai salah satu pasukan elit yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dari sekian banyak prajurit-prajurit tangguh yang dimiliki, tak sedikit dari mereka berhasil menempati berbagai jabatan strategis di pemerintahan, termasuk Menteri Pertahanan.

Baca juga : Pertama Dalam Sejarah Korps Baret Merah, Ayah dan Anak Jabat Danjen Kopassus

Berikut empat Menteri Pertahanan Indonesia yang berasal dari Korps Baret Merah.

1. Prabowo Subianto

Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, Prabowo memiliki sederet riwayat karier yang cukup mentereng di kemiliteran Indonesia. Sebelum menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ke-22, pria kelahiran 17 Oktober 1951 ini juga pernah berada di Korps Baret Merah.

Pada salah satu misinya, Prabowo yang kala itu menjabat Danjen Kopassus pernah terlibat dalam operasi pembebasan sandera Mapenduma. Misi ini dilakukan sekitar Mei 1996 dengan tujuan membebaskan para sandera Ekspedisi Lorentz 95 yang ditawan Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Kelly Kwalik.

Pada 23 Oktober 2019, Prabowo Subianto resmi dilantik menjadi Menteri Pertahanan ke-26 dalam Kabinet Indonesia Maju, periode 2019 hingga 2024.

2. L.B. Moerdani
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)