Saksi Ahli Beberkan Kepribadian Susi dan Ricky Rizal Wibowo

Rabu, 21 Desember 2022 - 14:06 WIB
loading...
Saksi Ahli Beberkan Kepribadian Susi dan Ricky Rizal Wibowo
Ahli Psikologi Forensik Reni Kusumowardhani mengungkapkan karakter Susi dan Ricky Rizal Wibowo saat menjadi saksi ahli dalam sidang kasus pembunuhan Brigadir J, Rabu (21/12/2022). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ahli Psikologi Forensik (Apsifor) Reni Kusumowardhani mengungkapkan karakter Susi dan Ricky Rizal Wibowo saat menjadi saksi ahli dalam sidang kasus pembunuhan Brigadir J, Rabu (21/12/2022). Susi merupakan Asisten Rumah Tangga (ART) Ferdy Sambo, sedangkan Ricky adalah terdakwa dalam kasus ini.

"Pak Ricky ini kecerdasannya baik, secara umum taraf kecerdasannya tergolong di atas rata-rata dibandingkan individu kelompok usianya dan tampak mampu mengaktualisasikan potensi intelektual yang dimilikinya untuk merespons terhadap lingkungannya secara adaptif," kata Reni di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022).

Menurut Reni, Ricky Rizal memiliki kapasitas dan fungsi memori yang baik. Kemampuannya tergolong baik di dalam menangkap informasi, menyimpan, dan mengolah, serta mengungkapkannya kembali. Ricky memiliki daya ingat baik dan atas dasar itu dia memiliki kemampuan merespons secara tepat terhadap tekanan dan lingkungan.



"Emosinya stabil dan memahami dan memiliki satu prinsip. Suggestibility-nya rendah dan untuk kepatuhannya rata-rata sampai tinggi," tuturnya.

Reni menegaskan, hasil pemeriksaan psikologi forensik para terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf serta para saksi lainnya cukup memiliki kompetensi psikologis dalam memberikan keterangan untuk kepentingan pemeriksaan psikologis. Meski sejatinya pada sejumlah orang itu kecerdasannya memang rendah.

"Meskipun dijumpai pada beberapa orang seperti saudari Susi, itu kecerdasannya memang sangat rendah, sehingga butuh kesabaran dan daya ingatnya juga tidak terlalu baik untuk Ibu Susi," tutur Reni.

Baca juga: Grup WhatsApp Duren Tiga Dibikin Ricky Rizal 3 Hari Usai Brigadir J Tewas

Adapun para terdakwa, tambahnya, cukup memiliki kompetensi psikologis untuk mengikuti proses peradilan. Keterangan dan informasi yang diberikan subjek pemeriksaan itu telah dijelaskan terkait dengan resume data peristiwa, dan tentang gambaran umum, serta profil psikologis tersangka, secara umum dapat diterima sebagai dasar untuk analisis profil psikologis termasuk dalam kaitannya dengan peristiwa dugaan tindak pidana pembunuhan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3321 seconds (0.1#10.140)